Ilustrasi mobil mewah. Foto: MI/Arya Manggala
Ilustrasi mobil mewah. Foto: MI/Arya Manggala

107 Mobil Mewah di BSD Menunggak Pajak

Nasional pajak kendaraan
Farhan Dwitama • 12 Desember 2019 17:57
Tangerang: 107 unit dari 995 mobil mewah di Kota Tangerang Selatan, Banten, menunggak pajak senilai Rp1,8 miliar. Ratusan mobil menunggak pajak itu tersebar di Kecamatan Serpong, Kecamatan Serpong Utara, dan Kecamatan Setu.
 
"Tercatat di Samsat BSD, pemilik mobil mewah yang menunggak pajak di wilayah Serpong sebanyak 55 unit, Serpong Utara sebanyak 44 unit dan di Setu ada 8 unit, totalnya ada 107 pemilik mobil mewah yang menunggak pajak,” kata Kepala Unit Pelaksana Teknis ( UPT) Pengelolaan Pendapatan Daerah (PPD) Serpong, Astri Retnadiarti, Kamis, 12 Desember 2019.
 
Dia menjelaskan ratusan mobil mewah itu didominasi mobil keluaran Eropa dan Jepang. Di antaranya merk Audi, BMW, Cadillac, Ferrari, Honda, Hummer, Infinity, Lamborghini, Jeep, Landrover, Lexus, Maserati, Mercedes Benz, Nissan, Porsche dan Toyota.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Didominasi di wilayah Serpong, dan jenis kendaraan mewahnya jenis Mercedes Benz sebanyak 36 unit,” terangnya.
 
Dia menjelaskan mobil kategori mewah adalah yang Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB)-nya, di atas Rp 700 juta. Bukan karena merk dan jenis saja.
 
“Jika mobil NJKB diatas Rp 700 juta, sudah masuk kategori mobil mewah,” ucap Astri.
 
Dia menerangkan pihaknya telah rutin menyosialisasikan ke pemilik kendaraan untuk tertib membayar pajak. Dengan begitu penerimaan daerah dari sektor pajak kendaraan bisa maksimal.
 
"Penagihan juga dilakukan dengan melayangkan surat secara tertulis kepada penunggak pajak dan melakukan door to door ke penunggak pajak. meski di lapangan tak jarang ditemukan unit kendaraannya sudah dijual dan belum dibalik nama,” tandas dia.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif