Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tak Semua Korban Puting Beliung Dapat Bantuan

Nasional puting beliung
Mustholih • 05 Desember 2019 20:56
Semarang: Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengeluarkan bantuan Rp6,3 miliar untuk para korban puting beliung yang terjadi sejak Oktober 2019. Fenomena alam itu mengakibatkan ratusan bangunan rusak berat hingga ringan.
 
"Tidak semua dibantu. Hanya yang roboh dan juga rusak berat. Untuk rumah roboh mendapatkan bantuan Rp15 juta per rumah, sementara rusak berat dibantu Rp10 juta per rumah," kata Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto di Semarang, Jawa Tengah, Kamis, 5 Desember 2019.
 
Sudaryanto menjelaskan dana bantuan itu diambil dari anggaran tak terduga milik Pemerintah Provinsi yang keseluruhan bernilai Rp23 miliar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Sudaryanto daerah-daerah di Jateng sebenarnya bisa mencairkan dana tak terduga Pemerintah Provinsi selama mengeluarkan surat darurat bencana. Untuk bencana angin puting beliung, syarat bangunan yang mengalami rusak berat harus berjumlah lebih dari lima unit.
 
"Dana ini digunakan untuk membantu warga yang menjadi korban bencana angin kencang di berberapa daerah. Kami masih menunggu pengajuan dari kabupaten dan kota," jelas Sudaryanto.
 
Sudaryanto kembali mengatakan pihaknya mencatat hingga Desember 2019 ada 13 Kabupaten yang dilanda angin puting beliung. Akibat bencana ini puluhan rumah dan bangunan seperti sekolah mengalami kerusakan. Ada yang roboh, rusak berat, sedang, dan ringan.
 
Belasan kabupaten yang diterjang angin puting beliung yakni, Magelang, Wonosobo, Brebes, Boyolali, Tegal, Banjarnegara, Karanganyar, Batang, Wonogiri, Pemalang, Sragen, Kendal, dan Grobogan. "Karena angin kencang ini, 31 bangunan roboh dan 107 bangunan mengalami rusak berat," pungkas Sudaryanto.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif