Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) 7 Jatim menerjunkan puluhan dokter hewan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada hewan ternak milik korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Dokumentasi/ Kominfo Lumajang
Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) 7 Jatim menerjunkan puluhan dokter hewan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada hewan ternak milik korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Dokumentasi/ Kominfo Lumajang

Hewan Ternak Terdampak Erupsi Semeru Diberikan Layanan Kesehatan

Nasional bencana bencana alam Erupsi Gunung gunung semeru Gunung Semeru Meletus Gunung Semeru Erupsi
Daviq Umar Al Faruq • 08 Desember 2021 22:34
Lumajang: Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) 7 Jatim menerjunkan puluhan dokter hewan untuk memberikan pelayanan kesehatan pada hewan ternak milik korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Pelayanan pada hewan ternak ini dilakukan dari pintu ke pintu atau door to door.
 
Ketua PDHI Jawa Timur 7, Puput Rijal, mengatakan kedatangannya ke Lumajang untuk memberikan bantuan sekaligus memberikan pelayanan kesehatan.
 
"Pengaruhnya jelas sangat berpengaruh, tetapi Alhamdulillah temuan kami di lapangan tidak seburuk itu. Memang ada hewan yang mengalami luka bakar, tetapi umumnya gejalanya ringan, yaitu gangguan pernafasan dan lain sebagainya," kata Puput di Lumajang, Rabu, 8 Desember 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Berselimut Abu, Masjid Terdekat Gunung Semeru Mulai Dibersihkan
 
Beberapa kegiatan yang dilakukan meliputi pemeriksaan, pengobatan dan pemberian vitamin. Pelayanan pada hewan ternak kali ini melibatkan 31 dokter hewan yang ada di Lumajang dan di Jember.
 
Sasaran yang dituju adalah beberapa hewan ternak yang terdapat di dua dusun di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro yang relatif aman. Yakni di Dusun Sukosari dan Dusun Kebonagung.
 
"Kami bekerjasama dengan Dinas Pertanian Lumajang terutama Bidang Perternakan untuk melayani kesehatan hewan ternak. Jadi kalau misalkan ada warga terdampak punya hewan ternak datang dan melapor akan kami tindak lanjuti. Pos kami ada di dekat Kantor Desa Sumberwuluh," jelasnya.
 
Selain Posko Dinas Pertanian Lumajang melayani pelayanan pada hewan ternak, juga menyediakan obat-obatan, vitamin, pakan ternak gratis bagi warga yang butuh. Ada pakan ternak segar silase atau pakan rumput yang dicacah dan difermentasi. Saat ini total pakan yang tersalurkan mencapai 64 ton.
 
"Kami sampaikan terimakasih pada para donatur yang telah mengamanahkan pada kami, ini donasinya sebagain besar untuk penyiapan pakan ternak. Posko kan didirikan sampai masa tanggap darurat selesai, sehingga kami akan menghitung kebutuhan pakan untuk ketersediaan setiap harinya," ungkapnya.
 
 
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif