Pupuk untuk mengoptimalkan hasil pertanian. Foto : MI.
Pupuk untuk mengoptimalkan hasil pertanian. Foto : MI.

Pemkab Tangerang Optimis Produksi Padi Tak Terganggu Badai La Nina

Nasional cuaca ekstrem Petani badai angin kencang Kabupaten Tangerang Produksi Padi Tahun Ini Hujan Deras
Hendrik Simorangkir • 27 Oktober 2021 18:21
Tangerang: Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispertan) Kabupaten Tangerang, Azis Gunawan, optimis produksi padi di daerahnya tidak akan terdampak badai La Nina. Sejumlah hal sudah dipersiapkan untuk mengantisipasi hal tersebut.
 
"Mudah-mudahan ini (badai La Lina) tidak berpengaruh terhadap produksi petani di Kabupaten Tangerang," kata Azis di Tangerang, Rabu, 27 Oktober 2021.
 
Baca: Geger Kematian Anjing Canon di Aceh, Pemilik Minta Maaf

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Azis menuturkan badai La Nina yang diprediksi oleh BMKG akan melanda hingga akhir 2021. Namun dia menambahkan pihaknya meyakini tidak akan berpengaruh terhadap sektor pertanian di wilayahnya.
 
"Jadi tergantung juga pada sisi wilayah pertaniannya, karena sebagian wilayah kalau tiada hujan sangat diharapkan, seperti wilayah Legok dan Cisoka," jelasnya.
 
Menurut Azis intensitas curah hujan yang tinggi tersebut bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk meningkatkan dan memperluas area tanam padi.
 
"Dan menurut saya saat ini kita dihadapkan keuntungan dengan kondisi alam yang bisa mendorong petani meningkatkan produktivitas" ungkapnya.
 
Menurut Azis untuk mengantisipasi terjadinya bencana banjir di wilayah pangan tertentu, pihaknya bersama dengan Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kabupaten Tangerang telah melakukan upaya normalisasi aliran irigasi.
 
Azis berharap bagi kelompok tani yang berada di wilayah pangan rawan banjir seperti di Kecamatan Kresek agar secara mandiri dan bergotong-royong untuk membuka akses aliran air guna menghindari dampak adanya curah hujan tinggi.
 
"Kita sudah melakukan upaya antisipasi, dengan melakukan normalisasi irigasi yang dilakukan oleh DBMSDA dan sekarang masih berlangsung," ujarnya.
 
(DEN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif