Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. (Foto:Medcom.id/Ahmad Mustaqim)
Gubernur DIY, Sri Sultan HB X. (Foto:Medcom.id/Ahmad Mustaqim)

Sri Sultan Minta Warga Alihkan Biaya Mudik untuk Kesehatan

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 07 April 2020 23:51
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, berharap warga di daerahnya tidak mudik di tengah situasi virus korona (covid-19. Selain itu, ia juga berharap warganya yang merantau tidak pulang.
 
"Saya mengimbau kepada seluruh warga DIY yang masih berada di perantauan untuk tidak mudik atau pulang kampung halaman," kata Sri Sultan dalam teleconference pada Selasa, 7 April 2020.
 
Ia menilai, tidak mudik menjadi satu-satunya jalan untuk memutus penyebaran virus korona. Apalagi kasus virus korona di Yogyakarta sebagian besar ditularkan dari warga luar daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sri Sultan mengatakan hal penting yang harus dilakukan menganggarkan biaya mudik untuk kesehatan. Kesehatan, kata dia, menjadi kunci untuk meminimalisasi penyebaran.
 
"Tidak bepergian adalah upaya paling rasional dan nyata untuk memutus rantai virus korona. Alihkan, biaya mudik untuk memperkuat ketahanan kesehatan dan ekonomi keluarga anda," ujarnya.
 
Saat ini, sudah lebih 100.000 pemudik tiba di Yogyakarta. Mereka kini berstatus orang dalam pemantauan, khususnya yang pulang dari kawasan pandemi penyebaran virus korona seperti Jakarta.
 
Ia meminta publik bisa memahami hal itu, termasuk tetap menjaga jarak fisik (physical distancing) dengan siapapun. Sri Sultan juga mengingatkan publik segera pergi ke fasilitas kesehatan bila mengalami keluhan kesehatan.
 
"Bagi yang sudah melaporkan diri ke pihak berwenang setempat, saya ucapkan terimakasih dan mohon dilanjutkan dengan melakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Mari bersama-sama putus rantai virus korona," ucapnya.

 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif