NEWSTICKER
Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X (depan) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 23 Maret 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim
Raja Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat, Sri Sultan Hamengku Buwono X (depan) di Bangsal Kepatihan Yogyakarta, Senin, 23 Maret 2020. Medcom.id/Ahmad Mustaqim

ASN Yogyakarta Bergantian Bekerja dari Rumah

Nasional Virus Korona
Ahmad Mustaqim • 24 Maret 2020 14:41
Yogyakarta: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Sultan Hamengku Buwono X, membagi waktu kerja aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas dari rumah dan di kantor pemerintahan dengan sistem 50:50.
 
Pola kerja itu diberlakukan selama wabah pandemi covid-19. Setiap instansi pemerintah wajib menugaskan minimal separuh dari jumlah total pegawai untuk bertugas di kantor.
 
“Kepala instansi mengatur pembagian kehadiran pegawai berdasarkan keterwakilan pejabat struktural, pegawai yang memakai transportasi umum, jarak tempuh kantor dari tempat tinggal lebih dari 40 kilometer, dan kondisi kesehatan pegawai serta keluarga," ujarnya, Selasa, 24 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Kongko di Kafe Bisa Dipidana
 
Sementara itu khusus pegawai yang bekerja dari rumah dilarang beraktivitas di luar, kecuali untuk kebutuhan pangan, kesehatan, atau pun keselamatan. Sistem serupa juga berlaku bagi guru dan tenaga kependidikan.
 
“Pengaturan jadwal waktu dan personel diserahkan kepada masing-masing Kepala OPD (organisasi perangkat daerah (OPD),” imbuh anggota Humas Pemprov DIY Ditya Nanaryo Aji.
 
Menurut dia, sistem kehadira ASN akan diberlakukan secara daring. Andai tak mengisi absen, bukti kerja ASN akan mencatat kehadiran pegawai.
 
“Saat ini sedang dimintakan SE (surat edaran) tanda tangan Pak Sekda (Sekretaris Daerah). Pegawai bisa presensi menggunakan kartu pegawai yang dimiliki dengan men-scan kode pada bagian belakang kartu,” ucapnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif