Ilustrasi. (Foto: Fox News)
Ilustrasi. (Foto: Fox News)

Izin Tinggal WN Tiongkok di Bandung akan Diperpanjang

Nasional Virus Korona
P Aditya Prakasa • 13 Februari 2020 14:03
Bandung: Kantor Imigrasi Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, menyiapkan izin perpanjangan tinggal untuk warga negara (WN) Tiongkok yang berada di Kota Kembang. Fasilitas perpanjangan izin tinggal dilakukan menyusul ditutupnya penerbangan dari Indonesia ke Tiongkok terkait penyebaran virus korona atau Covid-19.
 
"Kami sudah mendapatkan edaran dari Kepala Dirjen (Imigrasi Kemenkum HAM) mengenai antisipasi. Warga Tiongkok yang berada di sini akan mendapatkan perpanjangan (izin tinggal) khusus," kata Kepala Kantor Imigrasi Bandung, Uray Avian, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Teknis pengajuan izin perpanjangan tinggal, kata Uray, bisa dilakukan seperti biasanya. Sponsor atau WN Tiongkok tinggal datang ke kantor Imigrasi dan melengkapi beberapa persyaratan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Cukup datang, nanti kami perpanjang. Hanya saja ada dua proses yang dihilangkan yakni pengambilan sidik jari dan biometriknya karena menghindari kontak langsung," kata dia.
 
Menurut Uray, ada sebanyak 50 orang WN Tiongkok yang mengajukan perpanjangan izin tinggal. Rata-rata merupakan keluarga para pegawai yang sedang bekerja di sejumlah proyek di Kota Bandung.
 
"Rata-rata dari mereka keluarga pekerja yang kemarin merayakan Imlek di sini, dan tidak bisa pulang. Ada anak, istrinya, kakak, dan orang tua. Kalau wisatawan jarang," ungkapnya.
 
Meski begitu, pihaknya belum bisa memastikan sampai kapan izin perpanjangan khusus diberikan kepada WN Tiongkok. Namun, pemberian perpanjangan izin tinggal khusus sudah berlaku sejak Februari.
 
"Sambil melihat situasi di Tiongkok seperti apa. Mereka juga mau pulang takut kan karena wabah itu. Akhirnya mereka tinggal dulu di sini," pungkasnya.
 


 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif