Sejumlah relawan memasang terpal penutup tanggul darurat yang dipasang di lokasi longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (02/11/2019). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria
Sejumlah relawan memasang terpal penutup tanggul darurat yang dipasang di lokasi longsor tanggul irigasi di Kelurahan Parakancanggah, Banjarnegara, Jateng, Sabtu (02/11/2019). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria

BPBD Banjarnegara Perkuat Mitigasi Bencana

Nasional Mitigasi Bencana
Antara • 13 Februari 2020 19:25
Banjarnegara: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara terus memperkuat program mitigasi bencana alam. Mitigasi ini untuk mengantisipasi tanah longsor yang potensinya cukup kuat terjadi di daerah setempat, selama puncak musim hujan.
 
"Program mitigasi terus diperkuat menyusul peningkatan curah hujan di wilayah setempat," kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarnegara, Arief Rahman, di Banjarnegara, Kamis, 13 Februari 2020.
 
Arief menjelaskan jika pihaknya juga terus menggiatkan sosialisasi kepada masyarakat, terutama yang tinggal di daerah yang mempunyai tingkat kerentanan pergerakan tanah. Menurut Arief pihaknya juga menyiapkan sarana dan prasarana untuk langkah antisipasi jika terjadi bencana.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Arief menjelaskan pentingnya meningkatkan kewaspadaan dengan memasang sistem peringatan dini bencana serta rambu-rambu peringatan di lokasi-lokasi rawan bencana. "Kami juga berharap dukungan dan peran aktif dari seluruh warga yang ada di Banjarnegara," jelas Arief.
 
Arief mengatakan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengingatkan warga setempat untuk mewaspadai bencana hidrometeorologi selama puncak musim hujan.
 
Bencana hidrometeorologi adalah bencana yang dipengaruhi oleh fluktuasi keberadaan air, termasuk tingginya curah hujan, antara lain berupa banjir, tanah longsor, dan angin kencang yang biasanya dipengaruhi perubahan musim.
 
Berdasarkan informasi dari BMKG, sebagian wilayah di Kabupaten Banjarnegara berpeluang hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari ke depan. Menurut dia peningkatan intensitas hujan akan turut meningkatkan potensi gerakan tanah di wilayah setempat.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif