Walikota Dumai Zulkifli AS saat memimpin apel Konsolidasi PSBB di Kota Dumai, Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: Antara
Walikota Dumai Zulkifli AS saat memimpin apel Konsolidasi PSBB di Kota Dumai, Sabtu, 16 Mei 2020. Foto: Antara

PSBB di Kota Dumai Dimulai Besok

Nasional Virus Korona PSBB
Antara • 17 Mei 2020 05:00
Dumai: Wali Kota Dumai, Kepulauan Riau Zulkifli AS menyebut pemberlakuan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) dilaksanakan mulai Senin 18 Mei 2020. PSBB berlaku hingga 14 hari ke depan demi menekan penyebaran covid-19 (korona).
 
"Targetnya kita hanya lakukan sekali tahapan," kata Zulkifli AS saat apel konsolidasi PSBB di Kota Dumai, Sabtu, 16 Mei 2020.
 
Selama PSBB, masyarakat wajib memakai masker dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Seperti mencuci tangan dengan air, menjaga jarak, tidak berkerumun dan tidak keluar rumah kecuali untuk keperluan penting, misalkan berobat. Targetnya, PSBB cukup dilaksanakan sekali dan angka kesembuhan pasien covid-19 meningkat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita fokus untuk memutus rantai penularan covid-19 dengan PSBB meski pasien sembuh banyak dan hanya dua orang pasien dirawat. Nantinya dinamika di lapangan cukup tinggi karena kita mengatur dan mengubah kebiasaan orang," kata Zulkifli.
 
PSBB di Kota Dumai berfokus pada pemutusan mata rantai covid-19 di empat titik pasar tradisional. Selain menerapkan pembatasan jam operasional, juga segera dilakukan rapid test massal kepada pedagang.
 
Dalam dua bulan terakhir, masyarakat Kota Dumai sebagian besar sudah memahami dan menjalankan protokol kesehatan pencegahan covid-19. Namun masih ada sebagian masyarakat yang masih belum mengikuti anjuran pemerintah.
 
Upaya pencegahan covid-19 telah dilakukan Pemkot Dumai sejak dua bulan terakhir. Di antaranya pembatasan jam malam, karantina wilayah RT, distribusi bantuan sosial, dan penguatan alat medis.
 
"Petugas gabungan siap melaksanakan PSBB dengan tegas dan humanis, hindari konflik dan selesaikan masalah di lapangan. PSBB Dumai tetap dijalankan, dan masa sosialisasi selama tiga hari dimulai sekarang," sebut Zulkifli.
 
Selama PSBB untuk pembatasan jam malam tetap diberlakukan seperti biasa, yakni dimulai pada pukul 01.00 WIB sampai pukul 05.00 WIB. Demikian juga dengan pembatasan angkutan transportasi umum sebesar 50 persen kapasitas penumpang.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif