Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menandatanangi prasasti deklarasi Mewujudkan Laut Bersih, Laut Indah Menuju Indonesia Bersih, pada Sabtu, 23 Februari 2019. Medcom.id/ Mulyadi Pontororing.
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menandatanangi prasasti deklarasi Mewujudkan Laut Bersih, Laut Indah Menuju Indonesia Bersih, pada Sabtu, 23 Februari 2019. Medcom.id/ Mulyadi Pontororing.

Gubernur Sulut Bertekad Bersihkan Laut dari Sampah

Nasional sampah
Mulyadi Pontororing • 23 Februari 2019 13:46
Manado: Momentum Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) dimanfaatkan Provinsi Sulawesi Utara untuk menggelar deklarasi laut bersih, Laut Indah Menuju Indonesia Bersih, Sabtu, 23 Februari 2019.
 
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey mengatakan, HPSN merupakan agenda penting untuk menyosialisasikan pengelolaan sampah yang berperinsip 3R (reduce, reuse, recycle).
 
"Mengurangi, menggunakan kembali dan daur ulang sampah harus diajarkan sejak dini sehingga kita tidak tertinggal dengan negara-negara maju yang telah lama menerapkan prinsip 3R dalam mengelola sampah. Termasuk menggunakan botol minum (tumbler) untuk mengurangi penggunaan botol plastik sekali pakai," kata Olly di Manado, Sulawesi Utara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Olly mengungkapkan, Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah telah berusia lebih dari sepuluh tahun, tetapi persoalan sampah masih menjadi masalah serius bukan hanya di daerah tetapi bahkan secara nasional.
 
"Pengelolaan sampah yang belum sesuai dengan metode dan teknik berwawasan lingkungan telah menimbulkan dampak negatif terhadap kesehatan masyarakat dan lingkungan," jelas Olly.
 
Untuk itu, presiden telah menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2017 tentang kebijakan dan strategi nasional pengelolaan sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga (Jakstranas).
 
"Ini sebagai dasar pedoman pengelolaan sampah secara terintegrasi dari hulu ke hilir dengan target pengurangan sampah sebesar 30 persen dan penanganan sebesar 70 persen di tahun 2025," pungkas Olly.
 

(DEN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi