Menteri Pertanian Amran Sulaiman, di Makassar, Sabtu 9 Maret 2019. Medcom.id/ Muhammad Syawaluddin
Menteri Pertanian Amran Sulaiman, di Makassar, Sabtu 9 Maret 2019. Medcom.id/ Muhammad Syawaluddin

Mentan Minta Masyarakat Tidak Percaya Hoaks Pangan

Nasional pangan hoax
Muhammad Syawaluddin • 10 Maret 2019 08:22
Makassar: Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman mengimbau seluruh masyarakat tidak mudah mempercayai atau terprovokasi kabar bohong masalah pangan. Hoaks sering digunakan di tahun politik.
 
"Aku mohon seluruh masyarakat Indonesia untuk tidak percaya. Soal pangan adalah nasib rakyat kecil. Jangan dipermainkan," katanya, Sabtu 9 Maret 2019.
 
Beberapa waktu lalu masyarakat digegerkan dengan viralnya video petani membuang buah naga di sebuah sungai. Video tersebut dikaitkan dengan kegagalan Kementerian Pertanian dalam menekan disparitas harga, khususnya buah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Amran mengaku telah melihat video tersebut bahkan dia menyebut ada beberapa video yang hampir sama dengan video petani buang buah naga tersebut. Video bohong itu menurutnya tidak baik untuk petani.
 
"Benar kami (dapat kabar) pertama dulu ada cabai dibuang, ternyata yang buang itu punya agenda tersendiri. Kemudian apel, kemudian buah naga, kemudian kentang. Kami sudah klarifikasi," jelasnya.
 
Pertanian merupakan salah satu sektor penekan inflasi di Indonesia. Dengan peningkatan produksi pertanian, Amran menyebut angka inflasi bisa ditekan hingga 1,26 persen di tahun 2028. Padahal, pada 2004 lalu inflasi mencapai 10,56 persen.
 
Pihaknya saat ini tengah menyusun desain besar mempersiapkan stok pangan di Indonesia dalam jangka waktu yang cukup lama.
 
"Jadi doakan agar terlaksana dengan baik. Kita selesaikan satu persatu. Tidak bisa selesai dalam waktu singkat. Karena, ini soal 70 tahun ke depan," jelasnya.

 

(SUR)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif