Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau posko korban banjir di GOR Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Selasa, 5 Februari 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau posko korban banjir di GOR Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Selasa, 5 Februari 2020. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir

Pemkot Tangerang Pastikan Ketersediaan Bantuan Korban Banjir

Nasional bencana banjir
Hendrik Simorangkir • 05 Februari 2020 17:48
Tangerang: Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang memastikan akan memberikan bantuan kepada seluruh korban banjir. Bantuan tersebut berupa pasokan makanan hingga kebutuhan perlengkapan para pengungsi.
 
"Kita akan bantu warga yang mengungsi baik dilakukan pengecekan kesehatan, pasokan makan hingga air bersih," kata Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah, di GOR Perumahan Total Persada, Kecamatan Periuk, Kota Tangerang, Rabu, 5 Februari 2020.
 
Arief mengatakan hingga saat ini terdapat 4.900 jiwa yang terdampak banjir di wilayah Kecamatan Periuk. Semua tim sudah dikerahkan baik dari Pemkot Tangerang, Polri, dan TNI untuk membantu korban banjir.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya ucapkan terima kasih kepada Polri dan TNI serta relawan yang telah membantu kami dalam mengevakuasi korban banjir," jelas Arief.
 
Pemkot Tangerang Pastikan Ketersediaan Bantuan Korban Banjir
Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah meninjau ketinggian air di pintu air Situ Bulakan Periuk, Kota Tangerang. Medcom.id/ Hendrik Simorangkir
 
Arief menambahkan mulai hari ini Pemkot Tangerang kembali membuka posko utama banjir yang berlokasi di Kantor Pusat Pemerintah Kota Tangerang. "Kita juga sudah buka kembali posko bantuan berupa dapur umum yang berada di Gedung PPK Kota Tangerang dan Kantor Puspem Kota Tangerang," jelas Arief.
 
Setelah meninjau ke posko pengungsian korban banjir, Arief memantau ketinggian air di pintu air Situ Bulakan Periuk, Kota Tangerang. Arief mengatakan dengan turunnya curah hujan berdampak pada turunnya ketinggian air di Sungai Cirarab di wilayah Kecamatan Periuk.
 
Hal tersebut berpengaruh positif dalam proses penanganan banjir yang terjadi di sejumlah titik di Kota Tangerang. "Kami langsung ambil langkah pemompaan di seluruh pintu air dan aktivasi rumah pompa yang ada di wilayah Periuk. Terutama yang memiliki akses ke Kali Cirarab sebagai muaranya," ungkap Arief.
 
Menurut Arief dengan dilakukannya pemompaan di sejumlah titik banjir dapat membantu proses surutnya banjir di wilayah Kecamatan Periuk. "Selain rumah pompa yang sudah ada, Pemkot Tangerang juga gunakan pompa portable di lokasi-lokasi banjir," katanya.
 
Sementara Kepala Bidang Tata Air Dinas PUPR Kota Tangerang, Fachri Wahyudi, menuturkan saat ini pihaknya telah memasang mesin pompa portable untuk membantu mengurangi debit air di wilayah Kecamatan Periuk, diantaranya di pintu air 5 Kali Ledug dan pintu air 3 Situ Bulakan.
 
"Untuk pintu air 5 sebanyak enam unit dan di pintu air 3 sebanyak dua unit. Air yang dipompa semuanya diarahkan ke Sungai Cirarab," kata Fachri.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif