Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga hendak masuk Kota Surabaya, Jatim. (Antara Jatim/Didik/Zk)
Petugas memeriksa dokumen kependudukan warga hendak masuk Kota Surabaya, Jatim. (Antara Jatim/Didik/Zk)

PSBB Malang Raya Diajukan ke Kemenkes

Nasional Virus Korona PSBB
Antara • 11 Mei 2020 18:44
Malang: Pemerintah Provinsi Jawa Timur mengirim berkas pengajuan skema Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya, dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid-19 (korona). PSBB Malang Raya menunggu persetujuan Menteri Kesehatan.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono, mengatakan persetujuan PSBB dari Menkes biasanya memakan waktu satu hari. "PSBB Malang Raya prosesnya sudah di Kementerian Kesehatan. Berdasarkan pengalaman Surabaya Raya, satu hari sudah turun," kata Heru, di Kota Malang, Jawa Timur, Senin, 11 Mei 2020.
 
Heru menambahkan, kemungkinan surat persetujuan dari Kementerian Kesehatan untuk penerapan PSBB di Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu tersebut, akan diterima besok. Setelah berkas disetujui, pemda setempat memiliki waktu tiga hari untuk persiapan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah mengusulkan ke Kementerian Kesehatan, mungkin Selasa bisa turun, kemudian akan dilakukan sosialisasi dahulu selama tiga hari," ujar Heru.
 
Beberapa hal yang harus disiapkan sebelum pelaksanaan PSBB adalah tahapan sosialisasi terkait PSBB kepada masyarakat. Termasuk, pemda stempat menyiapkan aturan teknis pelaksanaan di lapangan.
 
"Secara detail akan diatur dalam peraturan wali kota atau peraturan bupati," kata Heru.
 
Di wilayah Malang Raya,dalam kajian epidemiologi terdapat transmisi lokal, yang ditandai bertambahnya peta sebaran covid-19. Di Kabupaten Malang, terdapat 14 kecamatan yang masuk dalam zona merah, Kota Malang empat kecamatan, dan Kota Batu satu kecamatan.
 
Di Malang Raya, terdapat 75 kasus positif covid-19. Dari total jumlah tersebut, sebanyak 23 orang dinyatakan sembuh, yang terbagi dari Kota Batu satu orang sembuh, Kota Malang 10 orang sembuh, dan Kabupaten Malang 15 orang sembuh.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif