Gubernur Sumsel Herman Deru. Dokumentasi/ Istimewa
Gubernur Sumsel Herman Deru. Dokumentasi/ Istimewa

Pemprov Sumsel Tiadakan Salat Idulfitri

Nasional Virus Korona PSBB
Gonti Hadi Wibowo • 13 Mei 2020 18:37
Palembang: Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, memastikan bahwa pelaksanaan salat Idulfitri 1441 Hijriah di wilayahnya ditiadakan. Peniadaan itu untuk mencegah masyarakat agar tidak berkerumun di satu tempat dan untuk memutus penyebaran covid-19.
 
"Kita bukan melarang ibadah salat Id tetapi pelaksanaan itu yang kita larang. Kita imbau kepada masyarakat untuk tetap beribadah di rumah masing-masing," kata Herman di Palembang, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Baca: Klaster Indogrosir Tambah 10 Kasus Covid-19 di DIY

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Herman menjelaskan ditidakannya salat Idulfitri itu juga sudah sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan oleh Menteri Agama dan Majelis Ulama Indonesia (MUI).
 
"Saya sudah intruksikan kepada Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel untuk bertemu dengan MUI dan tokoh agama setempat untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk menggelar salat Id di rumah masing-masing," jelas Herman.
 
Sementara Kakanwil Kemenag Sumsel, HM Alfajri Zabidi, mengatakan dari surat edaran yang telah dikeluarkan Menteri Agama bahwa masyarakat diimbau untuk mengelar salat Id tahun ini di rumah masing-masing.
 
"Silaturahim atau halal bihalal yang lazim dilaksanakan ketika hari raya Idulfitri nanti juga bisa dilakukan melalui media sosial dan video call," kata Alfajri.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif