Kondisi Kapal Motor (KM) Ceria 8 yang tenggelam di perairan sungai musi Palembang, Jumat 14 Agustus 2020. Foto: Istimewa
Kondisi Kapal Motor (KM) Ceria 8 yang tenggelam di perairan sungai musi Palembang, Jumat 14 Agustus 2020. Foto: Istimewa

Kapal Angkut 1.000 Ton Pupuk Karam di Sungai Musi

Nasional kapal tenggelam
Gonti Hadi Wibowo • 14 Agustus 2020 19:34
Palembang: Kapal Motor (KM) Ceria 8 yang mengangkut 1.000 ton pupuk curah dari Kota Semarang karam di perairan Sungai Musi di kawasan 16 Ulu, Kota Palembang, Sumatra Selatan, Jumat 14 Agustus. Kapal yang dinakhodai oleh Suhendrik bersama 15 anak buah kapal (ABK) selamat dari kejadian tersebut.
 
Kasat Polair Polrestabes Palembang, Kompol Cahyo Yudo Winarno, mengatakan kejadian tersebut bermula saat kapal mengalami kemiringan lima derajat setelah air dari sungai langsung masuk ke dalam kapal pada pukul 01.00 WIB.
 
"Nakhoda kapal yang tahu posisi kapal sudah miring melakukan sonding balas ke empat derajat. Pada saat itu dari dalam kamar mesin kapal air setinggi 160 sentimeter sudah masuk," katanya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Kisah Buruh Sleman: Derita Bertubi Akibat Pandemi Covid-19
 
Kemudian, pada pukul 02.10 WIB nakhoda meminta bantuan kepada TB Tanjung Buyut 2 melalui radio Marine untuk melakukan evakuasi terhadap awak kapal berjumlah 15 orang. Lalu, pada pukul 05.15 wib kapal tersebut tenggelam dan terbalik ke dasar sungai musi.
 
"Petugas telah memeriksa dan meminta keterangan nakhoda dan 15 awak kapal," jelasnya.
 
Saat ini pihaknya bersama Dinas Perhubungan tengah melakukan proses evakuasi terhadap KM Ceria 8.
 
"Untuk pelayaran kapal penumpang maupun muatan yang melintas di perairan sungai musi tidak terganggu terganggu dengan kejadian ini," katanya.
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif