ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Pemerintah DIY Siapkan Tambahan Lab untuk Uji Swab

Nasional Virus Korona PSBB
Ahmad Mustaqim • 16 Mei 2020 08:00
Yogyakarta: Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan tambahan lab untuk uji swab pasien covid-19. Hal ini menyusul permintaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk tes swab massal.
 
"Sejauh ini kita pakai tiga lab. Kami sedang urus izin lab di Balai Veteriner (Kulon Progo)," kata Sekretaris Daerah Pemerintah DIY, Kadarmanta Baskara Aji, di Yogyakarta, Jumat, 15 Mei 2020.
 
Baca: Feby Sahroni Turun Tangan Bantu Masyarakat Terdampak Pandemi

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sejauh ini, lab untuk uji swab di DIY memanfaatkan Laboratorium Mikrobiologi UGM, Rumah Sakit Akademik (RSA) UGM, dan Balai Besar Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BBTKLPP) Yogyakarta. Ia mengatakan, kapasitas tiga lab itu bisa 300 sampel per hari.
 
"Dalam beberapa hari kami membantu lab di Jawa Tengah, jadi kemampuan (uji swab) berkurang," jelas Aji.
 
Ia mengatakan keinginan BNPB adanya swab massal bisa dilakukan. Kadarmanta mengatakan reagen sudah tersedia di lab. Di sisi lain ia menilai kemampuan lab perlu dipertimbangkan.
 
"300 sampel per hari itu kalau optimal. Optimal itu mempertimbangkan berkaitan support daerah lain. Tapi kalau personel (tenaga medis lab) masih memungkinkan," ungkapnya.
 
Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY, Biwara Yuswantana, mengatakan ada 26.400 polymerase chain reaction (PCR) dari pemerintah pusat. Menurut dia, Dinas Kesehatan bisa melakukan pengadaan PCR.
 
"PCR bisa digunakan kalau labnya siap. Kita akan itung-itungan, ketersediaan PCR, kapasitas lab untuk capai target pemeriksaan massal," kata Biwara.
 
Dengan adanya tiga lab dan akan ada satu tambahan, ia menilai kebutuhan PCR perlu ditambah. Selain itu, tenaga uji di setiap perlu tambahan.
 
"Tes (swab) ini perlu dibatasi dengan dasar hasil rapid tes. Ini untuk membatasi berapa saja yang layak ikut uji swab," pungkas Biwara.
 

(DEN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif