NEWSTICKER
Pengangkutan sampah di salah satu desa mandiri sampah di Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)
Pengangkutan sampah di salah satu desa mandiri sampah di Jepara, Jawa Tengah. (Foto: Medcom.id/Rhobi Sani)

Hanya 4 Desa di Jepara Mandiri Kelola Sampah

Nasional pengelolaan sampah
Rhobi Shani • 24 Februari 2020 12:57
Jepara: Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, menyebutkan, baru ada empat desa di wilayahnya memiliki bank sampah. Pihaknya komitmen menambah jumlah tersebut guna mewujudkan desa mandiri sampah.
 
"Empat desa mandiri sampah ini Desa Matinga, Jugo, Suwawal Timur, dan Sekuro. Tapi yang paling siap adalah Desa Sekuro, saat ini sedang kami ajukan ke pemerintah pusat untuk jadi percontohan desa mandiri sampah," ujar Kepala DLH Kabupaten Jepara, Farikha Elida, Senin, 24 Februari 2020.
 
Farikha mengatakan keempat desa itu memiliki tata kelola sampah yang cukup baik. Hal ini juga yang menjadikan wilayah tersebut sebagai desa mandiri sampah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca juga:Buang Sampah Sembarangan Saat CFD, 3 Warga Ditangkap
 
Ia mencontohkan di Desa Sekuro, terdapat 10 unit kendaraan roda tiga pengangkut sampah. Tersedia pula lahan untuk tempat pembungan akhir (TPA).
 
“Kemudian pengelolaan bang sampah juga kerja sama dengan BUMDes (badan usaha milik desa),” kata Elida.
 
Kepala Desa Sekuro, Ali Shohib, menambahkan, proses pemilihan sampah dilakukan mulai tingkatan rukun warga (RW) untuk kemudian dikirim ke bank sampah. Setiap warga diberikan buku tabungan untuk mencatat jumlah sampah yang disetorkan.
 
“Nanti diakhir bulan bisa ditukarkan dengan uang di BUMDes sesuai dengan catatan tabungan sampahnya. Jadi nilai ekonominya ada,” imbuhnya.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif