irkrimum Polda Jatim, Kombes Pitra Ratulangi, di Surabaya. (Medcom.id/Amal)
irkrimum Polda Jatim, Kombes Pitra Ratulangi, di Surabaya. (Medcom.id/Amal)

Kejiwaan Pendeta Cabul di Surabaya Diperiksa

Nasional pencabulan
Amaluddin • 10 Maret 2020 16:43
Surabaya: Psikiater segera memeriksa kejiwaan pendeta tersangka pencabulan, HL, di Surabaya, Jawa Timur. Pemeriksaan dilakukan untuk mengetahui orientasi seksual tersangka.
 
"Biasanya kalau korban masih di bawah umur, ada indikasi pelaku memiliki kelainan seksual. Makanya kami akan periksa kejiwaan tersangka untuk memastikan itu," kata Dirkrimum Polda Jatim, Kombes Pitra Ratulangi, di Surabaya, Selasa, 10 Maret 2020.
 
Dugaan kelainan seksual lainnya, pendeta HL mencabuli korban tidak hanya di dalam kamar pribadi tersangka. Melainkan, juga dilakukan di ruang tamu di lantai empat gereja, yang merupakan ruang terbuka.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Dua lokasi itu masih satu area dengan gereja," katanya.
 
Pitra mengatakan pencabulan dilakukan tersangka terhadap korban selama enam tahun. Korban dicabuli sejak berusia 12 hingga 18 tahun.
 
Baca:Cabul, Pendeta di Surabaya Ditangkap
 
"Kita sekarang juga masih mendalami berapa kali pencabulan itu dilakukan pelaku kepada korban," ujarnya.
 
Pihaknya pun memberikan pendampingan psikologis terhadap korban pencabulan. Dia menerangkan pendampingan dilakukan untuk memulihkan kondisi korban.
 
Terpisah, kuasa hukum tersangka HL, Jeffry Simatupang, mengatakan tidak mempermasalahkan upaya polisi untuk memeriksakan kejiwaan HL. Jeffry mengaku akan mendampingi kliennya.
 
"Kita akan dampingi dan mendukung polisi untuk menguak kebenaran kasus ini," kata Jeffry.
 
Seorang pendeta di salah satu gereja di Surabaya, HL, ditangkap Polda Jatim. HL diduga memcabuli seorang umat gereja, sesuai laporan polisi bernomor LP : LPB/155/II/2020/UM/SPKT tertanggal 20 Februari 2020 lalu. Kasus terungkap lantaran korban hendak menikah.
 

(LDS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif