Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/ Triawati
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka. Medcom.id/ Triawati

Waspada Hepatitis Akut, Gibran Siapkan Tempat Isolasi

Triawati Prihatsari • 11 Mei 2022 16:30
Solo: Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikaan belum menerima laporan masuk terkait adanya gejala kasus hepatitis akut di Kota Solo. Namun, dia mengimbau warga untuk tetap tenang dan melakukan monitoring.
 
"Belum ada laporan masuk, terus kita monitoring. Kita monitoring fokus ke anak-anak. Begitu ada terlihat gejalanya, langsung diamankan, diisolasi," kata Gibran, Rabu, 11 Mei 2022.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo Siti Wahyuningsih mengungkapkan selain waspada lonjakan covid-19, pihaknya juga melakukan antisipasi munculnya hepatitis akut di Kota Solo. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan sosialisasi agar warga tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurutnya, antisipasi penularan penyakit hepatitis akut tidak jauh berbeda dengan antisipasi penularan covid-19. Selain tetap menjaga prokes, masyarakat juga harus menerapkan pola hidup sehat dan menjaga jarak.
 
Baca: Hepatitis Akut Merebak, Wali Kota Malang Minta Warga Tak Panik
 
"Sebenarnya untuk antisipasi sama dengan antisipasi penularan covid-19. Tetap memakai masker di manapun berada dan menjaga jarak, serta sering mencuci tangan dengan sabun," bebernya.
 
Siti menambahkan warga harus mengantisipasi sarana penularan penyakit hepatitis akut. Salah satu penularan dapat terjadi melalui penggunaan alat makan bergantian.
 
"Itu kan penularannya bisa lewat penggunaan alat makan bareng-bareng. Bisa lewat sendok atau gelas. Kalau mu amaan atau waspada, gunaakan gelas dan sendok sendiri," ungkapnya.
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif