Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

4 Kecamatan di Pesawaran Lampung Dipetakan Rawan Bencana

Nasional banjir tanah longsor bencana alam bencana banjir
Lampost • 24 November 2020 23:26
Pesawaran: Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pesawaran telah memetakan wilayah kecamatan yang berpotensi terjadi bencana banjir maupun tanah longsor saat musim penghujan.
 
Kepala BPBD Pesawaran Mustari mengatakan saat ini ada empat kecamatan di wilayah Pesawaran yang berpotensi terjadi bencana banjir, seperti di Kecamatan Way Lima, Kedondong, Way Khilau, dan Padangcermin.
 
"Empat kecamatan tersebut memiliki potensi banjir, karena kita ketahui di sana ada sungai yang sering meluap. Namun, saat ini Pemkab Pesawaran telah melakukan beberapa langkah untuk mengantisipasi terjadi banjir seperti normalisasi sungai," ujarnya, Selasa, 24 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara untuk di daerah pesisir, lanjutnya, berpotensi terjadinya bencana banjir rob dan banjir dari sungai. 
 
Baca juga: Warga Medan Unjuk Rasa Tolak Kedatangan Rizieq Shihab
 
"Selain itu tebing di daerah pesisir itu juga ada beberapa titik yang rawan longsor dan kami sudah memberikan informasi tersebut kepada para camat agar ditindak lanjuti kepada para kades. Agar masyarakat lebih berhati-hati melewati lokasi tebing saat hujan," kata dia.
 
Mustari mengatakan selain memetakan lokasi rawan bencana, BPBD juga telah membentuk posko bencana di setiap kecamatan dengan melibatkan seluruh unsur.
 
"Jadi kita juga ada relawan di setiap desa, yang bertugas untuk memberikan informasi kepada masyarakat apabila ada hal yang penting sehingga dapat meminimalisasi korban jiwa ketika bencana terjadi," paparnya.
 
Dia mengimbau kepada masyarakat untuk menjaga aliran sungai serta gorong-gorong agar tidak tersumbat sampah untuk mengurangi potensi banjir.
 
"Intinya lebih ditingkatkan lagi kewaspadaannya. Apalagi ketika intensitas hujan sedang tinggi, karena kita tidak pernah tahu kapan bencana terjadi. Kita berdoa saja agar Kabupaten Pesawaran dijauhkan dari segala bentuk bencana," jelas dia.
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif