Objek wisata pantai Bandengan Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/ Rhobi Shani)
Objek wisata pantai Bandengan Kabupaten Jepara. (Foto: Medcom.id/ Rhobi Shani)

Wisatawan di Pantai di Gunungkidul Abaikan Penerapan Prokes

Nasional Mudik Lebaran pandemi covid-19 protokol kesehatan Ramadan 2021 Idulfitri 2021
Ahmad Mustaqim • 15 Mei 2021 17:23
Gunungkidul: Ribuan wisatawan memadati destinasi wisata pantai di Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sejak libur Idulfitri 13 Mei 2021. Banyak wisatawan yang abai dengan pelaksanaan protokol kesehatan, salah satunya masker.
 
Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono, mengatakan operasi kepatuhan  penerapan protokol kesehatan dilakukan selama libur Lebaran. Ia mengatakan, ada ratusan wisatawan yang kedapatan abai dengan penggunaan masker.
 
"Jumlah ini (wisatawan tak mengenakan masker) ada di berbagai tempat wisata pantai," kata Marjono dihubungi, Sabtu, 15 Mei 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjelaskan, pantai-pantai yang dijangkau dalam operasi itu di antaranya, Indrayanti, Pulangsawal di Kecamatan Tepus; hingga Pantai Ngrenehan di Kecamatan Saptosari.
 
Baca: Tempat Wisata di Jepara Sepi Pengunjung
 
Ia mengatakan, jumlah wisatawan yang abai melepas masker berkisar 50 hingga 80 orang. Selain itu, ada yang menggunakan masker tapi tidak dengan benar.
 
"Yang tidak menggunakan masker akan langsung ditegur. Bagi yang tidak bawa setelah didata dan diberikan teguran langsung diberikan masker untuk dipakai," ungkapnya.
 
Kepala Basarnas Yogyakarta, Lalu Wahyu Efendi, mengatakan, ikut menyiagakan dan meminta personelnya untuk berpatroli. Ia menyebar personel di berbagai pantai di Kabupaten Gunungkidul, Bantul, hingga Kulon Progo.
 
Baca: Angkut 20 Penumpang, Perahu Wisatawan Tenggelam di Waduk Kedung Ombo
 
"Kami bersama tim gabungan berpatroli di obyek wisata ini bertujuan untuk memberikan rasa aman bagi para wisatawan yang sedang berwisata. Selain itu juga untuk menghimbau ke wisatawan untuk tetap mentaati protokol kesehatan," jelas dia.
 
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Gunungkidul, Dewi Irawaty, mengingatkan patuh menjalankan protokol kesehatan menjadi cara efektif untuk mencegah penularan covid-19. Menurut dia, kepatuhan menjalankan protokol kesehatan akan memperkecil potensi penularan virus.
 
"Namun jika abai, maka potensi penularan akan semakin besar," ungkapnya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif