Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Solo Siapkan 33 Faskes Penyelenggara Vaksinasi Covid-19

Nasional Virus Korona protokol kesehatan Vaksinasi covid-19
Triawati Prihatsari • 04 Januari 2021 16:52
Solo: Pemkot Solo menyiapkan 33 fasilitas kesehatan sebagai tempat penyelenggara program vaksinasi covid-19. Vaksinasi sendiri akan dimulai pada 14 Januari 2021 dan diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (nakes).
 
"Awalnya vaksinasi dijadwalkan pekan ketiga Januari 2021, kemudian setelah dirapatkan, diputuskan untuk dimajukan pada 14 Januari 2021. Yang pasti, tidak ada yang diperjual belikan dalam vaksinasi ini. Semua gratis," urai Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, di Solo, Senin, 4 Januari 2021.
 
Sementara itu, proses pendataan penerima vaksin covid-19 di Solo telah selesai dilakukan. Kendati demikian, Dinas Kesehatan Kota (DKK) Solo belum dapat memastikan jumlah pasti penerima vaksin covid-19 pada tahap pertama kali ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Vaksinasi sendiri rencananya akan dilaksanakan hingga lima tahap. Tahap pertama diperuntukkan bagi nakes yang berada di pelayanan terdepan. 
 
"Intinya, pemerintahan melindungi semua masyarakat. Targetnya 70 sampai 80 persen dari jumlah penduduk tervaksinasi. Untuk di Solo, vaksinasi tahap pertama mulai pada 14 Januari 2021," ujar Kepala DKK Solo, Siti Wahyuningsih.
 
Dalam satu sesi, faskes di Solo dapat melayani 15 hingga 20 orang. Dalam satu hari sendiri dapat dilaksanakan tiga hingga empat data. Vaksinasi sendiri tidak bisa diterapkan pada warga dengan komorbid atau penyakit bawaan sebagai kontra indikasi dari vaksin covid-19.
 
"Prinsipnya, jumlah penerima vaksin bagi nakes baru dapat diketahui setelah faskes menyerahkan data berapa nakes yang divaksin di faskes tersebut," ungkapnya. 
 
(ALB)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif