Stok Pangan di Sulut Jelang Ramadan dan Idulfitri Aman
Beras. MI/BENNY BASTIANDY.
Manado: Dinas Perdagangan dan Perindustrian Sulawesi Utara memastikan ketersediaan stok pangan jelang Ramadan dan Idulfitri aman.

Kepala Disperindag Sulut Jenni Karow mengatakan saat ini pihaknya bersama pihak Kemendag tengah turun lapangan untuk mengecek ketersediaan pangan.

"Kami masih memantau. Pemantauan dilakukan di ritel-ritel modern dan pasar tradisional dan sejauh ini masih aman," kata Karow, kepada Medcom.id, di Manado, Kamis, 3 Mei 2018.


Selain ritel dan pasar, lanjut Karow, pemantauan juga dilakukan dari segi harga dan sejumlah di gudang-gudang distributor pangan di Sulut.

"Di gudang-gudang distributor yang telah kami pantau semua kebutuhan pokok, dalam posisi aman. Dan, jika di distributor aman tentu akan aman sampai pada tingkat pengecer," ujarnya.

Untuk harga, tambah Karow, sejauh ini tak ada gejolak, dan tetap berada pada standar Harga Eceran Tertinggi (HET).

"Bahkan ada di ritel-ritel modern yang menjual harga di bawah HET. Mudah-mudahan ini akan terjaga hingga Idulfitri nanti," ucapnya.

Senada disampaikan Kepala Bidang Operasional Pelayanan Publik Bulog Sub Divre Sulawesi Utara Munafri Samsuddin. Dia mengatakan stok yang ada di gudang Bulog saat ini bahkan tersedia hingga lima bulan ke depan.

"Rincian 5.200 ton beras, 349 ton gula, 37.000 liter minyak dan 32 ton terigu," kata Munafri.



(ALB)