KPK Gandeng Mekanik Rawat Barang Sitaan

Hendrik Simorangkir 09 Mei 2018 21:45 WIB
kpk
KPK Gandeng Mekanik Rawat Barang Sitaan
Teknisi merawat motor Harley Davidson yang disita KPK, Ant - M Iqbal
Tangerang: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggandeng dua mekanik untuk memelihara kualitas benda sitaan negara jenis sepeda motor. Nantinya, dua mekanik akan mengajarkan petugas memelihara benda-benda tersebut.

Dua mekanik didatangkan dari komunitas Harley Davidson Nusantara yaitu Rianda Saputra dan Yusuf. Keduanya ditugaskan pemahaman khusus mengenai pemeliharaan sepeda motor Harley Davidson kepada petugas Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Klas I Jakarta Barat yang berlokasi di Jalan TMP Taruna, Kota Tangerang.

Kasubsi Administrasi dan Pemeliharaan Rupbasan Kelas 1 Jakarta Barat Ambar Sari mengatakan empat motor Harley Davidson berada di Rupbasan. Empat motor mewah itu milik Bupati Hulu Sungai Abdul Latif yang terjaring kasus korupsi.


"Kami bersama KPK mengadakan pelatihan kepada petugas pengelola barang di Rupbasan mengenai pemeliharaan benda sitaan negara Harley Davidson," ujar Ambar di Tangerang, Rabu 9 Mei 2018. 

Sebenarnya, kata Ambar, Rupbasan menyimpan empat motor Harley, dua sepeda motor bermerek Ducati, dan dua motor jenis trail. Semua kendaraan itu milik Abdul Latif.

Ambar mengaku petugas awam dengan pemeliharaan kendaraan mewah. Lantaran itu, petugas mendapat pengetahuan untuk memelihara kendaraan-kendaraan tersebut.

Mekanik Riandi mengatakan perawatan terhadap Harley sama dengan kendaraan bermotor pada umumnya. Hanya saja, body Harley berbeda. Sehingga perawatannya pun khusus.

Perawatannya terdiri dari harian dan bulanan. Untuk harian, kata Riandi, panaskan mesin dan kendarakan untuk beberapa saat.

"Kalau didiamkan malah rusak. Sedangkan perawatan bulanan misalnya mengganti oli. Gantinya setiap 5.000 meter per empat bulan. Itu 

"Perawatannya ada harian dan bulanan. Kalau harian ya panaskan mesin motor dan ridding, kan kalau didiamkan malah merusak. Kalau bulanan, ganti oli, gantinya 5 ribu meter per-empat bulan dan ini juga waktunya servis berkala," pungkas Riandi.

Di Rupbasan Kelas I Jakbar menyimpan 90 mobil dan 400 unit yang merupakan barang sitaan negara.






(RRN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id