Ilustrasi pohon tumbang akibat angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Aloysius Lewokeda
Ilustrasi pohon tumbang akibat angin kencang melanda wilayah Kota Kupang, NTT. ANTARA/Aloysius Lewokeda

Warga di Lima Pulau di NTT Diminta Waspada Angin Kencang

Antara • 09 Agustus 2022 17:56
Kupang: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat mewaspadai potensi angin kencang yang berpeluang melanda lima pulau di Nusa Tenggara Timur (NTT). Kondisi tersebut diprediksi terjadi selama beberapa hari ke depan.
 
"Potensi angin kencang terjadi di Pulau Rote, Sabu, Timor, Lembata, dan Alor perlu diwaspadai untuk meminimalkan dampak kerugian," kata Kepala Stasiun Meteorologi El Tari Kupang BMKG, Agung Sudiono Abadi, di Kupang, Selasa, 9 Agustus 2022.
 
Baca: Gelombang Hingga 4 Meter Berpotensi Melanda Perairan Maluku

Dia mengatakan hal itu berkaitan dengan peringatan dini cuaca di wilayah NTT yang berlaku selama 9-11 Agustus 2022.
 
Potensi angin kencang tersebut perlu diwaspadai masyarakat karena dapat menyebabkan tumbangnya pohon maupun tiang atau baliho yang mengancam keselamatan warga sekitar.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masyarakat perlu memastikan kondisi lingkungan terhindar dari ancaman dengan memangkas pohon-pohon besar yang rapuh di lingkungan sekitar," jelas Agung.
 
Dia mengatakan potensi angin kencang yang bersifat kering di musim kemarau juga dapat menyebabkan meluasnya kebakaran hutan dan lahan di wilayah NTT.
 
"Oleh sebab itu langkah mitigasi penting untuk dilakukan seperti tidak membuka lahan dengan cara membakar maupun tidak membuang puntung rokok secara sembarangan terutama di area terbuka yang terdapat rumput atau dedaunan kering," ujarnya.
 
 
 
(DEN)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif