Ilustrasi--Pelaksanaan PTM di Kota Cirebon. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi--Pelaksanaan PTM di Kota Cirebon. (Foto: Istimewa)

PTM di Kota Cirebon Akan Diuji Petik

Nasional Pembelajaran Tatap Muka Sekolah Tatap Muka Kembali Dibuka
Ahmad Rofahan • 14 Oktober 2021 13:07
Cirebon: Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Jawa Barat, berencana melakukan uji petik terhadap pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) tingkat SD, SMP, dan SMA.
 
Uji petik bekerja sama dengan sekolah di bawah naungan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Cirebon dan Kantor Cabang Dinas (KCD) Pendidikan Wilayah X.
 
Kepala Bidang Pelayanan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Sri Laelan, mengatakan uji petik dilakukan selama tujuh hari dari jenjang sekolah TK, SD, SMP, SMA, MAN, MTs, dan MI. Dalam satu sekolah akan ada 50 siswa yang dites antigen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Uji petik random. Tenaga media berasal dari puskesmas setempat, namun untuk jumlah menyesuaikan dengan kondisi yang ada," kata dia, Kamis, 14 Oktober 2021.
 
Baca juga: Kasus di Prabumulih Melandai, RS Kosong Pasien Covid-19
 
Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, berharap, dengan adanya tes tersebut bisa menggambarkan situasi dan kondisi PTM terbatas yang telah berjalan hampir tiga pekan.
 
"Sampling akan jadi bahan evaluasi apakah PTM efektif atau tidak, meski Kota Cirebon PPKM level 2," terang dia.
 
Uji petik juga, lanjut Sekda, sebagai bahan acuan pada klaster rumah tangga. Sehingga, pengendalian bisa dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon secara berkala.
 
"Ini strategi mencegah klaster baru. SD sebagai perwakilan klaster di rumah tangga. Kalau anak SD dites, positif ratenya 0 atau rendah, bisa dikatakan sektor rumah tangga aman," paparnya. 
 
(MEL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif