Dampak asap terhadap orangutan. Foto: ANT/2015/Rosa Pangabean
Dampak asap terhadap orangutan. Foto: ANT/2015/Rosa Pangabean

Belasan Orang Utan Terserang ISPA

Nasional kabut asap kebakaran lahan dan hutan
Antara • 17 September 2019 07:50
Palangka Raya: Belasan orang utan direhabiliasi di Yayasan Penyelamatan Orang Utan Borneo (BOS) di Nyaru Menteng, Kalimantan Tengah. Primata dilingungi itu diketahui terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) akibat kabut asap yang menyelimuti Kalimantan Tengah.
 
"Orang utan yang terinfeksi mulai dari dewasa hingga balita, baik yang di kandang atau pun sedang mengikuti sekolah hutam," kata salah seorang dokter Yayasan BOS drh Viet di Palangka Raya, Selasa 17 September 2019.
 
Viet mengatakan lokasi sekolah hutan tidak jauh dari kawasan hutan yang terbakar. Diduga asap kebakaran hutan menjadi menyebab belasan orang utan menderita ISPA.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Untuk orang utan yang sudah dilepas liarkan ke hutan, kami belum mendapat informasi dan menemukan yang terpapat kabut asap," ujarnya.
 
Dia memastikan pihaknya berupaya memantau hutan yang menjadi lokasi pelepasliaran primata dilindungi tersebut. Melansir Antara data Indeks StandarPencemaran Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK), kondisi udara di Kalteng, khususnya Kota Palangka Raya berada di level berbahaya bagi mahluk hidup. (Nuansa Islami)

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif