Kunjungan Menko PMK) Muhadjir Effendy di RS Islam Aisyiyah Malang, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq
Kunjungan Menko PMK) Muhadjir Effendy di RS Islam Aisyiyah Malang, Jumat, 8 November 2019. Medcom.id/ Daviq Umar Al Faruq

Menko PMK Agendakan Rapat Lintas Kementerian Bahas BPJS Kesehatan

Nasional BPJS Kesehatan
Daviq Umar Al Faruq • 08 November 2019 19:17
Malang: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy, menanggapi penolakan DPR RI atas kenaikan iuran BPJS Kesehatan untuk peserta mandiri kelas III.
 
Muhadjir mengaku telah mendapatkan surat dari Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dan bakal menggelar rapat lintas kementerian terkait.
 
"Karena kalau dalam soal itu terutama yang harus kita dengar adalah dari Kementerian Keuangan Bu Sri Mulyani. Jadi nanti akan kita bicarakan dulu, tapi intinya kita belum ada kesepakatan bahwa nanti akan dipenuhi. Masih akan kita lihat, belum ada ketetapan," kata Muhadjir di Malang, Jawa Timur, Jumat, 8 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Muhadjir menjelaskan pertemuan akan dilakukan dalam waktu dekat. Menurut Muhadjir sejumlah pihak juga sudah diberi kabar mengenai rencana pertemuan tersebut.
 
"(Pertemuan lintas kementerian) segera, mungkin minggu depan. Saya pulang dari sini nanti segera saya undang. Saya sudah minta Pak Deputi untuk saya instruksikan segera mengundang itu kita duduk bersama," jelas Muhadjir.
 
Muhadjir menjelaskan dasar yang menjadi pegangan terkait kenaikan iuran BPJS Kesehatan adalah Peraturan Presiden (Perpres). Namun bila ada diskresi, maka dasar tersebut akan dibicarakan lintas kementerian.
 
"Karena berdasarkan laporan sementara, kemarin komitmennya dengan DPR itu akan ada cleansing data sebanyak 6 juta penerima PBI (penerima bantuan iuran) yang identitasnya tidak dikenali. Itu yang mau kita keluarkan dan kita ganti yang betul-betul memang teridentifikasi dengan baik," pungkas Muhadjir.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif