Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka East Java Fashion Harmony 2019 di Hotel Shangrilla Surabaya, Kamis malam, 22 November 2019. Medcom.id/Amaluddin
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat membuka East Java Fashion Harmony 2019 di Hotel Shangrilla Surabaya, Kamis malam, 22 November 2019. Medcom.id/Amaluddin

Khofifah Dorong Tiga Komoditas untuk Tingkatkan Ekonomi Nasional

Nasional komoditas
Amaluddin • 22 November 2019 11:16
Surabaya: Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa akan mendorong tiga komoditas di Jawa Timur untuk pertumbuhan ekonomi nasional. Khofifah mengatakan tiga komoditas ini sesuai dengan harapan Presiden Joko Widodo.
 
"Satu, industri pengolahan makanan dan minuman (mamin). Kedua adalah TPT (tekstil dan produk tekstil), dan ketiga adalah industri alas kaki," kata Khofifah usai membuka East Java Fashion Harmony 2019 di Hotel Shangri-La Surabaya, Kamis malam, 21 November 2019.
 
Khofifah mengaku optimistis Jatim bisa meningkatkan tiga komuditas tersebut terutama industri makanan dan minuman (mamin). Lain halnya dengan komuditas tekstil, lebih didominasi Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tetapi keunikan Jatim ada batik, ada tenun ikat dan kualitas bordirnya. Jadi, kita ingin menunjukkan bahwa produk tekstil Jatim ini sebetulnya memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif dan komparatif. Makanya tiga komuditas itu didorong oleh pemerintah pusat supaya terus ditingkatkan kualitas dan kuantitas ekspornya," jelas Khofifah.
 
East Java Fashion Harmony 2019 adalah acara fashion show dan display batik dari 38 kabupaten/kota se-Jatim dengan menghadirkan Guest Designer Ivan Gunawan. Juga tidak ketinggalan menampilkan karya desainer yang tergabung dalam APPMI Jatim, seperti Gita Orlin, Ulfa Mumtaza, Sheila Andina, Lia Afif, Denny Djoewardi dan Elok Re Napio.
 
Selain Ivan Gunawan, juga hadir special guest Lourdes Valentina Figuera (Miss Grand International 2019) dan Coco Aryha Suparurk (Miss Grand Thailand 2019). Acara juga dimeriahkan komedian Cak Lontong dan artis Ruth Sahanaya dengan konser Sound of Harmony.
 
Khofifah berharap pada awal tahun depan akan dilakukan acara yang sama di Jakarta. Ini karena di Jakarta bisa bertemu sangat banyak desainer, dan komunitas yang mempercepat pengembangan produk tekstil Jatim bisa masuk pasar besar dunia.
 
"Ini starting point kita, yang kita ingin akan lakukan pengembangannya di Jakarta. Karena harapan kita adalah pada saat kit mengalami penurunan pertumbuhan seperti ini, kita bisa mendorong dari tiga item itu," pungkas Khofifah.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif