Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X (kanan) menerima penghargaan di Yogyakarta, Senin 28 oktober 2019. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X (kanan) menerima penghargaan di Yogyakarta, Senin 28 oktober 2019. Foto: Medcom.id/Patricia Vicka

Raja Yogyakarta Raih Penghargaan Tokoh Pemerhati Penyiaran

Nasional yogyakarta
Patricia Vicka • 29 Oktober 2019 12:18
Sleman: Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwana (HB) X meraih penghargaan dalam ajang Anugerah Penyiaran DIY 2019. Raja Yogyakarta itu dikukuhkan sebagai Tokoh Pemerhati Penyiaran 2019.
 
"Kami berikan penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami kepada beliau yang sudah mendukung kerja para jurnalistik," ujar Ketua Panitia Anugerah Penyiaran DIY, Agnes Dwirusjiyati, di malam penganugerahan Penyiaran DIY di Universitas AMIKOM Yogyakarta, Senin malam, 28 Oktober 2019.
 
Anugerah Penyiaran DIY (APDIY) 2019 diselenggarakan oleh Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) DIY sebagai upaya mengapresiasi hasil produk jurnalistik media massa. Tahun ini adalah tahun ke tiga penyelenggaraan acara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


APDIY mengusung tema Dari Yogyakarta Lembaga Penyiaran Bicara Baik. Tema diangkat untuk mengajak lembaga penyiaran agar dapat menyajikan isi siaran yang memberi nilai pendidikan, hiburan dan informasi berlandaskan tata nilai dan budaya di Yogyakarta.
 
Hal ini sesuai dengan Peraturan Gubernur Nomor 38 Tahun 2017 tentang Tata Cara Pemberian Sanksi Administrasi dan Pemberian Penghargaan Atas Penyelenggaraan Penyiaran.
 
Tahun ini penghargaan diberikan dalam 12 kategori umum dan lima kategori khusus. Tercatat 133 materi TV serta 220 materi radio dan 11 materi lembaga penyiaran lainnya yang berpartisipasi dalam APDIY 2019.
 
Gubernur DIY mengucapkan terima kasih atas penghargaan yang diberikan. Ia berharap kedepannya lembaga penyiaran dan media massa dapat melindungi dan mempromosikan nilai-nilai adiluhung budaya di tengah perkembangan teknologi dan globalisasi.
 
"Yogyakarta ini punya banyak nilai budaya luhur Indonesia. Semoga media masa dapat dipakai sebagai media promosi nilai-nilai luhur itu ke sluruh Indonesia. Juga inspirasi persatuan dan kesatuan bangsa," kata Sri Sultan.
 
Para pemenang APD 2019 ketegori Televisi
  1. Program Nasionalisme: MetroTV mengenalkan Kanal Sang Sultan Yogya
  2. Program Iklan Layanan Masyarakat: TVRI Jogja dengan Iklan Peduli dan Sayangi Makhluk Hidup
  3. Program Siaran Anak: Trans7 dengan acara Bocah Petualangan episode Peyek Kangkrik dan Putu Ayu Gunungkidul
  4. Program Talkshow: Net Tv dalam program talkshow BKKBN Penanganan Stunting DIY
  5. Program Feauture: RBTV dengan program Keterbatasanku bukan Penghalangku
  6. Program Berita: SCTV Liputan 6 DIY
  7. Penyiar berita: TVRI Jogja Artika Amelia
  8. Penyiar non berita: RBTV Dissy Aulia diacara Galeri Halal dan Piknik
  9. Program Bahasa Jawa: Aditv di acara Adiwara
  10. Program Seni dan Tradisi: TVRI dengan acara Ketoprak Benteng Roterdam.
  11. Program Religi: TVRI di acara Jejak Islam, Menapaki Jejak Dakwah Nyai Ahmad Dahlan.
  12. Program acara favorit: Kresna TV, Duduk Manis.

 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif