Ilustrasi--Suasana kerja ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)
Ilustrasi--Suasana kerja ASN di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. (Foto: MI/Ramdani)

Pemangkasan Kepangkatan ASN Harus Kaya Fungsi

Nasional pns ASN
Ahmad Mustaqim • 29 Oktober 2019 16:19
Kulon Progo: Rencana Presiden Joko Widodo memangkas sistem kepangkatan pegawai negeri sipil (PNS) atau aparatur sipil negara (ASN) diminta harus menonjolkan manfaat. Rencana itu juga diharapkan tak memunculkan implikasi negatif.
 
Wakil Bupati Kulon Progo, Sutedjo, mengatakan, belum tahu detail terkait rencana tersebut. Dalam benaknya, ia menilai Presiden Jokowi ingin agar kinerja ASN lebih efektif.
 
"Mungkin saja seperti prinsip organisasi, ada yang berprinsip miskin struktur kaya fungsi. Maksudnya dengan struktur simpel tapi kebutuhan bisa tercukupi," kata Sutedjo, Selasa, 29 Oktober 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia meyakini rencana pemerintah pusat bertujuan baik bagi daerah. Meskipun, ia mengingatkan agar kebijakan pemerintah jangan sampai menimbulkan dampak negatif.
 
"Saya pikir setiap kebijakan punya tujuan yang baik. Mungkin ada sisi yang perlu dirapatkan ada kebijakan untuk tidak merugikan pihak tertentu. Mestinya, lazimnya tidak merugikan ASN yang sudah ada," ucapnya.
 
Ia menegaskan baru mengetahui informasi itu dari sejumlah media. Di sisi lain, pihaknya mengaku juga belum mendapat penjelasan lebih lanjut maupun arahan.Sutedjo berharap wacana itu memudahkan kerja pemerintah dalam melayani publik.
 
"Sebagai orang daerah kita nderek (ikut) regulasi yang berlaku. Kita harapkan kebijakan baru nanti tidak menimbulkan keresahan bagi ASN," kata dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif