Sejumlah abdi dalem memainkan musik diatonis lagu perjuangan di Bangsal Mandalasana, kompleks Keraton Yogyakarta, Minggu (18/8/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah
Sejumlah abdi dalem memainkan musik diatonis lagu perjuangan di Bangsal Mandalasana, kompleks Keraton Yogyakarta, Minggu (18/8/2019). ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah

Abdi Dalem yang Lecehkan Mahasiswi Segera Dipecat

Nasional pelecehan seksual
Ahmad Mustaqim • 12 November 2019 22:00
Yogyakarta: SW, 68, terancam dipecat dari aktivitasnya sebagai abdi dalem Keraton Yogyakarta karena diduga melakukan pelecehan seksual kepada sekelompok mahasiswi di Alun-Alun Utara Yogyakarta yang berlokasi di depan keraton.
 
Penghageng Kawedanan Panitrapura Keraton Yogyakarta Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Condrokirono tak membantah ada abdi dalem melakukan pelecehan seksual. Berposisi layaknya Sekretaris Jenderal Keraton Yogyakarta, Condrokirono mengatakan sudah berkoordinasi untuk pemecatan SW.
 
"(SW) akan ditindak tegas. Saya sudah koordinasi dengan penghagengnya sama Tepas Perentah Ageng untuk berkas-berkas beliau," kata Condrokirono di Rumah Makan Balai Raos Kompleks Keraton Yogyakarta, Selasa, 12 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan tindakan SW memiliki konsekuensi besar. Apalagi secara tak langsung ia merupakan bagian dari Keraton Yogyakarta.
 
Condrokirono memastikan jika SW dalam proses pemecatan. "Ya iyalah (dipecat atau dikeluarkan dari Keraton Yogyakarta)," kata putri kedua Sri Sultan Hamengku Buwono X ini.
 
SW juga bakal menerim konsekuensi lain. Pihak Keraton Yogyakarta bakal menyerahkan yang bersangkutan kepada pihak berwajib untuk menjalani proses hukum.
 
"Sudah dilaporkan, sudah menurut (aturan) hukum yang ada di Indonesia," ucapnya.
 
Sebelumnya SW diduga melakukan pelecehan seksual terhadap mahasiswi di Alun-alun Utara Yogyakarta. Saat melakukan tindakannya, ia masih memakai peranakan, pakaian yang biasa dipakai abdi dalem Keraton Yogyakarta.
 
SW sempat ditangkap Forum Komunitas Alun-Alun Utara (FKAAU) tak lama usai kejadian. Kasus itu juga sudah diketahui kepolisian.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif