ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

Ibu Pemukul Murid SD di Makassar Terancam 3 Tahun Penjara

Nasional kekerasan anak
Muhammad Syawaluddin • 02 Januari 2020 15:00
Makassar: Ibu pemukul siswa Sekolah Dasar (SD) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, yang viral melalui video di media sosial, Manting, 41, terancam tiga tahun penjara. Dia terancam pasal perlindungan anak.
 
"Dia diancam dengan Pasal 80 ayat 1 jo pasal 76 Undang-undang RI No 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang RI No 23 tahun 2002 tentang perlindungan anak dengan ancaman hukumannya 3 tahun 6 bulan," kata, Kapolsek Biringkanaya, Kompol Ashari, di Makassar, Sulawesi Selatan, Kamis, 2 Januari 2020.
 
Ibu pemukul siswa SD yang juga merupakan perawat di salah satu rumahs sakit di Kota Makassar, tersebut telah ditetapkan sebagai tersangka. Pemeriksaan dan gelar perkara telah dilakukan oleh pihak Polsek Biringkanaya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Iya dia sudah tersangka," kata Ashari.
 
Meski telah ditetapkan sebagai tersangka, Manting tidak ditahan. Dia mengungkap hal itu lantaran ancaman hukuman yang diterima tersangka tidak sampai lima tahun.
 
"Tidak kami tahan, tapi proses tetap berlanjut," jelasnya.
 
Kasus pemukulan terhadap siswa tersebut diketahui setelah videonya viral di media sosial. Dalam video tersebut Manting, tengah memarahi seorang anak yang berinisial DA, saat menunggu penerimaan rapor.
 
Video berdurasi 30 detik itu memperlihatkan Manting, memarahi DA, lantaran ada permasalahan sebelumnya dengan anak pelaku. Manting melampiaskan amarahnya setelah bertemu DA di sekolah saat penerimaan rapor.
 
Manting menuduh DA melakukan sesuatu terhadap anaknya. Korban saat itu sempat membela diri, dengan mengatakan bahwa dirinya tidak sengaja melakukan tindakan yang merugikan anak pelaku berinisial FA.
 
Namun, Manting yang naik pitam tidak menerima alasan dari korban. Sambil mengoceh, tangan kanan Manting langsung melayang ke wajah anak tersebut. Anak itu pun menangis sejadi-jadinya.
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif