NEWSTICKER
Gubernur Bali Wayan Koster saat menggelar konsultasi publik di Wantilan Pura Watu Klotok, Semarapura, Klungkung (Antaranews Bali/Dok Pemprov Bali/2020)
Gubernur Bali Wayan Koster saat menggelar konsultasi publik di Wantilan Pura Watu Klotok, Semarapura, Klungkung (Antaranews Bali/Dok Pemprov Bali/2020)

Bali Bakal Bangun Pusat Kebudayaan

Nasional kebudayaan
ant • 30 Januari 2020 17:38
Klungkung: Gubernur Bali I Wayan Koster mengharapkan dukungan masyarakat untuk mewujudkan Pusat Kebudayaan Bali yang bakal dibangun di Kabupaten Klungkung. Pembangunan dalam bidang kebudayaan sebagai bentuk prioritasnya, sesuai visi "Nangun Sat Kerthi Loka Bali".
 
Koster menilai, dalam upaya mendukung penyelenggaraan kegiatan budaya, diperlukan ruang dengan penyediaan fasilitas infrastruktur yang memadai, representatif, dan berkualitas. Hal itu agar bisa menyeimbangkan perkembangan kebudayaan yang berkembang dinamis.
 
“Kita tidak punya emas, minyak bumi maupun bahan tambang lainnya. Namun, kita kaya akan budaya unik yang menjadi keunggulan kita. Untuk itu budaya harus kita tetap jaga kelestariannya dan kita gali terus potensinya,” kata Koster pada acara Konsultasi Publik terkait rencana pembangunan kawasan Pusat Kebudayaan Bali, serta pembangunan prasarana pengendali banjir Tukad Unda dan Waduk Muara Unda di Kabupaten Klungkung, beberapa waktu lalu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kesiapan juga disampaikan oleh Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dirinya menyatakan akan menjadikan pembangunan pusat budaya di Klungkung ini menjadi salah satu program utama Pemkab Klungkung.
 
I Nyoman juga menyebut Kabupaten Klungkung menjadi pusat pemerintahan raja-raja Bali. Diharapkan dengan pembagunan pusat kebudayaan, budaya Bali akan tetap lestari dan menjadi instrumen peningkatan ekonomi masyarakat.
 
"Saya sangat mengapresiasi rencana Gubernur Bali dan siap mendukung realisasi terbangunnya Pusat Kebudayaan di Kabupaten Klungkung ini," ujar Suwirta.
 
"Pemerintah Kabupaten Klungkung juga siap mengajak masyarakat di Klungkung untuk dapat bersama-sama mewujudkan adanya pusat kebudayaan yang akan didirikan di Klungkung, dan masyarakat yang hari ini hadir terlihat atusias dalam program ini," tambahnya.
 
Pusat Kebudayaan Bali rencananya dibangun di atas lahan seluas 318,32 hektare dilengkapi dengan fasilitas panggung terbuka berkapasitas 20 ribu orang, panggung tertutup, serta convention centre dengan teknologi terkini.
 
Bangunan tersebut akan dibangun menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan untuk pembebasan lahannya dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Bali. Rencananya, Pusat Kebudayaan Bali juga dilengkapi dengan Museum Tari, Musik dan Tekstil serta kawasan industri kecil menengah, yang akan mengoptimalkan para perajin dan tenaga kerja dari wilayah Kabupaten Klungkung.

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif