Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)
Pekerja melakukan perawatan rumput di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Jawa Timur. (Foto: ANTARA/Zabur Karuru)

PSSI Jatim Minta Polemik Stadion GBT Diakhiri

Nasional Piala Dunia U-20
Amaluddin • 04 November 2019 11:50
Surabaya: Asosiasi Provinsi Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) meminta semua pihak fokus pada persiapan Piala Dunia U-20. Polemik soal stadion Gelora Bung Tomo (GBT) seperti bau sampah, tak perlu dilanjutkan.
 
"Mari kita sudahi polemik soal GBT, kami harap semua pihak bisa fokus mempersiapkan diri menuju Piala Dunia 2021," kata Sekretaris Asprov PSSI Jatim, Amir Burhanuddin, Senin, 4 November 2019.
 
Amir mengatakan stadion GBT telah memenuhi syarat menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 pada 2021. Hanya memang perlu perbaikan di segala aspek.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Amir, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Surabaya, terkait pembenahan fasilitas stadion. Ia menilai lokasi paling memungkinkan untuk hajat Piala Dunia U-21 di Surabaya hanya di GBT. Hal itu juga telah dikomunikasikan dengan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.
 
"Alhamdulillah Bu Risma langsung menyetujui. Bahkan beliau menulis surat kesiapan akan ada pembangunan dan perbaikan GBT serta sarana latihan lainnya untuk menyambut Piala Dunia U-20," katanya.
 
Amir mengungkapkan PSSI Jatim telah mengupayakan segala hal agar stadion GBT menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20. Selain mendetailkan perbaikan fasilitas, PSSI menggelar laga uji coba Timnas Indonesia U-19 melawan Timnas China U-21 pada 17 Oktober 2019 di stadion GBT untuk meyakinkan Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA).
 
"Hasilnya kita laporkan ke FIFA, dan akhirnya memang terpilihlah Indonesia dengan 10 stadion nominasinya termasuk Surabaya," katanya.
 
Amir menambahkan Surabaya masih punya cukup waktu melakukan persiapan. "Kami sangat yakin dengan komitmen Pemkot Surabaya," ungkapnya.
 
Pemkot Surabaya, lanjut dia, juga telah menganggarkan perbaikan lapangan Stadion Gelora 10 November dan Lapangan Karanggayam sebesar Rp25 miliar untuk tempat latihan timnas berbagai negara di ajang Piala Dunia U-20. Lalu ada perbaikan akses jalan ke Stadion GBT Rp40 miliar dan perbaikan Stadion GBT Rp30 miliar. Termasuk pembuatan kursi tunggal di GBT dengan anggaran Rp5,5 miliar.
 
"Kami berharap semua masyarakat Jawa Timur bisa mewujudkan mimpi kita menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20," kata Amir.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif