Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Loto Srinaita Ginting (tengah). (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)
Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Loto Srinaita Ginting (tengah). (Foto: Medcom.id/Patricia Vicka)

Kemenkeu Ajak Milenial Melek Investasi

Nasional investasi
Patricia Vicka • 12 Oktober 2019 17:57
Sleman: Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) Kementerian Keuangan mengajak milenial melek investasi. Direktur Surat Utang Negara DJPPR Kemenkeu Loto Srinaita Ginting menjelaskan salah satu investasi bisa berupa surat utang.
 
"Kami memberikan pemahaman bagaimana APBN dibiayai oleh masyarakat dalam bentuk investasi surat utang negara. Lalu bagaimana pengelolaan APBN untuk menghasilkan output pembangunan produktif," ujarnya di Yogyakarta, Sabtu, 13 Oktober 2019.
 
Menurut Loto Srinarita, instrumen investasi lain selain surat utang di antaranya obligasi, sukuk, saving bond ritel (SBR) dan sukuk negara tabungan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kepala subbagian layanan informasi DJPPR Kemenkeu Hadi Surono menjelaskan jiwa dan minat investasi harus ditanamkan sedari dini agar milenial bisa mengelola keuangan secara produktif. Beragam surat uang negara kini bisa dimiliki milenial dengan harga terjangkau dan proses yang mudah.
 
"Yang cocok untuk milenial itu SBR. Sekarang sedang dibuka penjualan SBR hingga akhir Oktober. Investasi Rp1 juta dengan jatuh tempo dua tahun. Pendaftaran juga bisa via daring tinggal masukkan (identitas) KTP," jelas Hadi.
 
Ia menyebut minat generasi muda untuk berinvestasi cukup tinggi. Catatan DJPPR jumlah investor SBR 2018 berjumlah 43 ribu. Jumlah ini meningkat menjadi 123 ribu sejak Januari hingga September 2019.
 
"Sebanyak 50 persen dari jumlah investor adalah generasi muda. Target kita mau tingkatkan jumlah investor terutama dari generasi milenial diatas 50 persen" jelas dia.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif