Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

216 Desa di Temanggung Akan Memilih Kepala Daerah

Nasional pilkada serentak
Antara • 12 Agustus 2019 19:51
Temanggung: 216 desa di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah, akan menggelar pemilihan kepala desa secara serentak. Pemilihan tersebut akan dilakukan pada awal tahun besok.
 
"Pilkades serentak di 216 desa tersebut akan dilaksanakan pada 9 Januari 2020 di Kabupaten Temanggung." Kata dari Kepala Dinas Pemberdayaan Desa Kabupaten Temanggung Agus Sarwono, di Temanggung, Senin, 12 Agustus 2019.
 
Kegiatan yang akan berlangsung di Pendopo Pengayoman Kabupaten Temanggung tersebut akan diikuti Ketua Panitia Pilkades se-Kabupaten Temanggung, para ketua Badan Perwakilan Desa, dan sekretaris desa serta panitia tingkat kecamatan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hari ini akan kami jelaskan proses tahapan pilkades yang dinamakan santiaji pilkades. Diharapkan dengan santiaji ini pelaksanan pilkades di 216 desa nanti bisa berjalan dengan baik." Jelas Agus.
 
Setelah santiaji, para pilkades akan melakukan sosialisasi di masing-masing daerah agar masyarakat akan paham dengan regulasi dan ketentuan baru yang ada kaitanya dengan daerah pemilihan.
 
Menurut Agus daerah pemilihan mengikuti aturan dari Permendagri nomor 62 tahun 2018 bahwa tiap desa dalam melaksanakan pilkades ditetapkan menjadi tiga daerah pemilihan.
 
Menurutnya tiga daerah pemilihan itu ada di masing-masing dusun, kalau di Temanggung ada tiga dusun, tetapi bagi desa yang dusunnya kurang dari tiga maka di breakdown ke RW dan seterusnya breakdown sampai tingkat RT. (Putri Adam)
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif