Polisi menangkap seorang perempuan yang melakukan penipuan bermodus PPDB di Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Aditya)
Polisi menangkap seorang perempuan yang melakukan penipuan bermodus PPDB di Kota Bandung, Jawa Barat. (Foto: Medcom.id/Aditya)

Calo PPDB di Kota Bandung Ditangkap

Nasional penipuan
P Aditya Prakasa • 29 November 2019 11:55
Bandung: Asri Najmiati, 37, ditangkap Polsek Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, lantaran diduga menipu sejumlah orang tua siswa terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Kota Kembang.
 
Kapolsek Cidadap AKP Rina Perwitasari mengatakan, tersangka mengaku mampu meloloskan para korban masuk ke salah satu SMP negeri di Bandung. Syaratnya menyerahkan sejumlah uang.
 
"Tersangka ini mengiming-imingi orang tua murid mengaku bisa meloloskan ke SMP negeri yang ada di wilayah Kecamatan Cidadap dengan membayar sejumlah uang," ucap Rina di Markas Polsek Cidadap, Kota Bandung, Jumat, 29 November 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Rina, pelaku meminta biaya sebesar Rp5 juta dan uang administrasi Rp250 ribu kepada sejumlah korban. Uang disetor, pelaku kemudian membawa anak korban ke sekolah yang dituju seolah mengikuti rangkaian pengenalan sekolah.
 
"Setelah dicek oleh orang tuanya masing-masing, ternyata anak mereka tidak terdaftar. Korban merasa tertipu dan melaporkan kepada kami. Ada enam korban," kata Rina.
 
Polisi yang menerima laporan lantas melakukan penyelidikan dan menangkap Asri. Pelaku ditangkap setelah penyelidikan dan pemeriksaan saksi-saksi.
 
"Alasan dia melakukan ini karena motif ekonomi saja," tuturnya.
 
Asri kini ditahan di Rutan Perempuan Mapolrestabes Bandung. Dia dijerat Pasal 378 Jo Pasal 372 KUHPidana dengan ancaman hukuman hingga empat tahun bui.
 

(MEL)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif