Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Bus SPN Polda Jambi Ditabrak Truk Kayu, Satu Orang Tewas

Nasional kecelakaan lalu lintas polri kecelakaan truk
Media Indonesia • 07 Desember 2021 12:53
Jambi: Seorang siswa Sekolah Polisi Negara (SPN) Polda Jambi meninggal akibat bus dinas SPN Polda JambiXX VI 24428 yang ditumpanginya dihantam truk berpelat BH8785FU sarat muatan kayu, di perempatan Pal X Kotabaru, Kota Jambi, Selasa pagi, 7 Desember 2021. Siswa tersebut bernama Denis Yonas Trangen asal Papua. 
 
"Seharusnya hari latihan kerja terakhirnya hari ini, seluruh siswa akan mendapatkan arahan darinya," ujar Kapolda Jambi Irjen Pol A Rachmad Wibowo.
 
Kapolda menjelaskan, seluruh siswa pada Selasa pagi bertolak dari SPN Polda Jambi menggunakan dua kendaraan. Satu truk dilengkapi dengan sirine dan lampu rotator menyala. Sedangkan satu lagi mobil bus yang mengikuti dari belakang.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut undang-undang mobil iringan ini tergolong mengangkut pasukan sehingga mendapatkan prioritas untuk melalui jalan. Kecelakaan terjadi saat mobil pengawal melewati perempatan, dan bus pembawa siswa SPN menyusul di belakang.
 
Baca: Nekat Terobos Palang Pintu, Angkot Tertabrak Kereta di Medan 4 Penumpang Tewas
 
Nahas, saat hendak lolos dari bidang jalan di tengah perempatan, sekitar pukul 06.57 WIB, tiba-tiba dari arah Simpang Rimbo muncul truk pengangkut kayu berkecepatan tinggi menabrak sisi kiri bagian belakang bus. Akibat benturan keras bus SPN terguling.
 
Dia menjelaskan, jumlah penumpang di mobil bus sebanyak 23 orang beserta supir. Akibat kecelakaan tersebut, satu orang meninggal dan lainnya mengalami luka-luka.
 
"Meninggal dunia atas nama Denis Yonas Trangen berasal dari papua. Untuk yang meninggal dunia hari ini akan diberangkatkan kembali ke daerah asal. Kalau diizinkan saya sendiri akan mengantar dan menyampaikan duka kepada keluarga," ujarnya.
 
Ia menyampaikan, saat ini dua siswa dalam perawatan di ruang ICU RS Bhayangkara Jambi. Sedangkan sisanya, masih dalam observasi dokter. Kapolda menambahkan untuk supir kendaraan truk bemuatan kayu sudah diamankan. Dugaan sementara, kendaraan itu terlihat over loading dan over dimensi berasal dari Sarolangun.
 
"Semoga ini menjadi pelajaran kita bersama untuk menaati aturan lalu lintas dan kita lebih giat lagi untuk menertibkan kendaraan load dan over dimensi," tandasnya.(SL)
 
(LDS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif