NEWSTICKER
Tim medis melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap penumpang yang baru tiba dari Kabupaten Anambas, Provinsi Kepri
Tim medis melakukan pemeriksaan suhu badan terhadap penumpang yang baru tiba dari Kabupaten Anambas, Provinsi Kepri

Dua Warga Anambas Diduga Terpapar Covid-19 Dirujuk ke Tanjungpinang

Nasional Virus Korona
Anwar Sadat Guna • 15 Maret 2020 21:29
Batam: Seorang warga Kabupaten Kepulauan Anambas dirujuk ke rumah sakit di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, karena mengalami gejala mirip virus korona atau covid-19. Pasien juga punya riwayat dari luar negeri.
 
Pasien yang belum diketahui identitasnya tersebut sebelumnya diobservasi di RSUD Tarempa karena mengalami gejala demam tinggi. Pasien kemudian dirujuk ke Tanjungpinang.
 
"Benar, sore tadi ada seorang pasien tiba dari Kabupaten Anambas. Memiliki gejala pasien suspect korona. Pasien juga memiliki riwayat dari Malaysia," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri Dr. Tjetjep Yudiana M.Kes kepada Medcom.id, Minggu, 15 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tjetjep mengatakan, warga Anambas tersebut dirujuk ke Tanjungpinang karena rumah sakit rujukan penanganan covid-19 salah satunya ada di Tanjungpinang, Provinsi Kepri. "Pasien tersebut dirujuk ke RSUP Ahmad Tabib Tanjungpinang," ujarnya.
 
Selain pasien tersebut, sambung Tjetjep, terdapat satu warga Anambas lainnya saat ini masuk kategori pengawasan tim medis. Warga tersebut akan menjalani pemeriksaan oleh tim medis di RS Ahmad Tabib.
 
"Kedua pasien ini diberangkatkan ke Tanjungpinang dari Anambas menggunakan Kapal Puskemas Keliling (Puskel) milik Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Anambas," ungkapnya.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PPKB) Kabupaten Kepulauan Anambas, Herianto belum dapat memastikan apakah benar warga Anambas tersebut terindikasi covid-19.
 
”Belum bisa kita simpulkan, nanti kita tunggu hasil pemeriksaan di rumah sakit provinsi di Tanjungpinang,” kata Herianto.
 
Herianto menjelaskan bahwa ada dua warga Anambas sudah dirujuk ke Tanjungpinang untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. "Seorang di antaranya punya riwayat dari luar negeri," pungkasnya.
 

Tim medis memeriksa suhu badan terhadap penumpang yang baru tiba dari Kabupaten Anambas, Provinsi Kepri

 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif