NEWSTICKER
Polisi menunjukan barang bukti narkotika di Polresta Malang Kota, Jumat, 21 Februari 2020.  Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq
Polisi menunjukan barang bukti narkotika di Polresta Malang Kota, Jumat, 21 Februari 2020. Medcom.id/Daviq Umar Al Faruq

Dua Mahasiswa PTN Edarkan Ganja di Malang

Nasional ganja narkotika
Daviq Umar Al Faruq • 21 Februari 2020 17:20
Malang: Dua mahasiswa dari salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) di Kota Malang, Jawa Timur, ditangkap polisi karena mengedarkan narkotika jenis ganja. Dalam kasus ini polisi juga menangkap dua orang pembeli.
 
Kapolresta Malang Kota Kombes, Leonardus Simarmata, mengatakan penangkapan keempat tersangka berawal saat polisi menangkap FIP pada 14 Februari 2020 lalu di kantin salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Malang.
 
"Penangkapan tiga tersangka lain hasil pengembangan dari keterangan FIP," kata Leonardus di Mapolresta Malang, Jumat, 21 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kedua mahasiswa ini berinisial FIP, 23, warga Lowokwaru Kota Malang, dan AKW, 20, warga Poncokusumo, Kabupaten Malang. Sedangkan dua pembeli yang ditangkap berinisial ASY, 24, warga Sukun, Kota Malang, dan MFB, 23, Lowokwaru, Kota Malang.
 
Leonardus menjelaskan awalnya FIP membeli ganja sebanyak 1 kilogram dari Medan dengan harga Rp 6,5 juta. Ganja tersebut kemudian dikirim dari Medan ke Kota Malang dengan memanfaatkan jasa ekspedisi.
 
"Setelah ganja tiba di Malang, FIP meminta AKW untuk mengambil. Kemudian ganja 1 kilogram dipecah 3/4 atau sebanyak 750 gram dan diberikan kepada AKW untuk dijual kepada ASY," jelas Leonardus.
 
Menurut Leonardus sisanya 250 gram ganja dijual oleh FIP kepada MFB. Dari penjualan 1 kilogram ganja tersebut, FIP memperoleh keuntungan sebesar Rp 13,2 juta.
 
"Tersangka FIP mengakui baru satu kali ini mengedarkan ganja," pungkasnya.
 
Atas perbuatannya, tersangka FIP dan AKW dikenakan dengan Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika karena memiliki dan mengedarkan narkotika jenis ganja. Sementara untuk tersangka ASY dan MFB dikenakan Pasal 111 karena memiliki dan membeli narkotika jenis ganja.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif