NEWSTICKER
Kondisi banjir di Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon. (Foto: Medcom.id/Rofahan)
Kondisi banjir di Desa Cilengkrang Kecamatan Pasaleman Kabupaten Cirebon. (Foto: Medcom.id/Rofahan)

Warga Cirebon Diminta Waspada Bencana Sepekan ke Depan

Nasional bencana alam bencana banjir
Ahmad Rofahan • 19 Februari 2020 12:52
Cirebon: Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, meminta warga Cirebon, Jawa Barat,waspada banjir selama sepekan ke depan.Cuaca ekstrem yakni hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai petir dan angin kencang diprediksi akan melanda wilayah Kabupaten Cirebon.
 
"Terutama menjelang waktu sore hari dan malam hari," kata Prakirawan BMKG Jatiwangi, Ahmad Faa Izyn, Rabu, 19 Februari 2020.
 
Dia mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai bencana alam lainnya. Karena cuaca ekstrem bisa menimbulkan longsor, pohon tumbang dan bencana lainnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cirebon, Dadang Suhendra, meminta masyarakat yang berada di wilayah rawan banjir waspada. Dia mengungkapkan musim hujan masih terjadi selama sebulan ini.
 
"Warga tetap siaga dan waspada, jika kembali terjadi banjir," ujar Dadang.
 
Dia menerangkan terkait banjir yang melanda empat kecamatan di Kabupaten Cirebon bagian timur beberapa waktu lalu, lantaran adanya kerusakan klep. Selain itu sejumlah titik tanggul di Daerah Aliran Sungai (DAS) Cisanggarung jebol.
 
"Enam klep mengalami kerusakan. Sehingga air dari Sungai Cisanggarung bisa masuk ke pemukiman warga," kata Dadang.
 
Dia memastikan dalam waktu dekat segera dilakukan perbaikan terhadap klep yang rusak. Dia menyakinkan sejumlah langkah telah disiapkan untuk mengantisipasi banjir.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif