NEWSTICKER
Tim investigasi Mabes AL dan Puspenerbal saat ini berhasil mengevakuasi pesawat jenis Tobago T2405
Tim investigasi Mabes AL dan Puspenerbal saat ini berhasil mengevakuasi pesawat jenis Tobago T2405

Pesawat Latih TNI AL Mendarat Darurat di Sidoarjo

Nasional pesawat jatuh
Syaikhul Hadi • 04 Februari 2020 21:20
Sidoarjo: Sebuah pesawat latih milik TNI AL mendarat darurat di areal pertambakan di sekitar wilayah Kecamatan Candi, Sidoarjo, Jawa Timur, Senin, 3 Februari 2020. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu.
 
Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin mengatakan, tim investigasi Mabes AL dan Puspenerbal saat ini berhasil mengevakuasi pesawat jenis Tobago T2405 itu. Bagian pesawat diangkut dengan sebuah perahu nelayan ke Dermaga di Desa Kedung Peluk, Kecamatan Candi, Sidoarjo.
 
"Alhamdulillah pesawat sudah bisa diangkut ke daratan, selanjutya dinaikkan perahu ke Dermaga Kedungpeluk," ujar Edwin, Selasa, 4 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pantauan Medcom.id, terlihat bagian-bagian pesawat seperti ekor, baling-baling, dua kursi penumpang serta mesin pesawat diturunkan dari perahu dan diangkut menggunakan truk TNI Angkatan Laut. Karena ruang perahu yang terbatas, evakuasi bagian pesawat dilakukan dua kali. Bodi pesawat dan sayap menyusul kemudian.
 
Edwin mengatakan untuk memudahkan evakuasi, pesawat dilepas menjadi beberapa bagian untuk memudahkan pengangkutan.
 
Selanjutnya, pesawat dibawa ke markas di Juanda untuk diinvestigasi penyebab matinya mesin pesawat. Dua penumpang yang merupakan instruktur dan siswa telah diperiksa kesehatan serta diobservasi.
 
"Tujuannya untuk mengetahui secara pasti penyebabnya. Sementara dua penumpang instruktur dan siswa kondisinya baik. Perkembangan psikologisnya juga baik," terangnya.
 
Pesawat latih milik TNI AL mendarat darurat di areal tambak Desa Kedungpeluk, Kecamatan Candi, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, pada Senin, 3 Februari 2020. Peristiwa terjadi saat melaksanakan latihan terbang di Bangil area.
 
Karena ada sesuatu di engine maka mereka memutuskan untuk kembali ke pangkalan dan ternyata tidak sampai.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif