NEWSTICKER
Suasana salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Aceh. Medcom.id/Fajri Fatmawati
Suasana salat Jumat di Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Aceh. Medcom.id/Fajri Fatmawati

Masjid Raya Baiturrahman Tetap Gelar Salat Jumat

Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 20 Maret 2020 17:19
Banda Aceh: Ibadah salat Jumat berjemaah di Aceh masih berjalan seperti biasanya meskipun wabah korona covid-19 sedang merebak. Masjid Raya Baiturrahman (MRB) Banda Aceh juga masih terlihat ramai jemaah untuk melaksanakan salat Jumat.
 
Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk Faisal Ali, mengatakan pihaknya belum mengambil kebijakan terkait membolehkan masyarakat mengganti salat Jumat dengan salat zuhur untuk antisipasi penyebaran virus korona.
 
"Aceh masih dalam tahap mengantisipasi, belum ada yang positif virus korona, kita berdoa bersama supaya jangan ada," kata Faisal saat dikonfirmasi, Jumat, 20 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Faisal meminta umat muslim di Aceh tetap melaksanakan salat berjamaah, namun tetap antisipasi penyebaran virus korona. kemudian pihak pengelola masjid dan musala juga diminta melakukan sterilisasi untuk mencegah penyebaran virus korona.
 
"Sejauh ini, umat islam di Aceh masih melakukan ibadah shalat secara berjamaah di masjid-masjid dan mushalla, dan hingga saat ini masih bisa melakukan ibadah dengan aman dan nyaman meskipun ditengah kekhawatiran penyebaran virus korona yang terus meluas," jelas Faisal.
 
Sebelumnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa bahwa boleh menggantikan salat Jumat dengan salat zuhur. Fatwa tersebut dikeluarkan guna mengantisipasi penyebaran virus korona covid-19.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif