NEWSTICKER
ilustrasi Medcom.id
ilustrasi Medcom.id

34 Warga Purworejo Dalam Pengawasan Virus Korona

Nasional Virus Korona
Bagus Aryo Wicaksono • 17 Maret 2020 20:38
Purworejo: Sebanyak 34 warga Purworejo berstatus orang dalam pengawasan (ODP) terkait virus korona covid 19. Lima orang telah dinyatakan negatif, sementara 29 orang masih dalam pemantauan hingga 28 Maret 2020.
 
Bupati Purworejo, Agus Bastian, mengatakan sebagian besar ODP berasal dari TKI yang baru pulang dari Korea, Hongkong dan Taiwan. Sisanya adalah yang baru kembali dari luar negeri dan ada enam warga asing yang tinggal di Purworejo juga masuk daftar ODP.
 
“Hingga saat ini belum ada pasien yang terkonfirmasi positif Covid 19,” kata Agus, Selasa, 17 Maret 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca:Walkot Tangerang Bantah Tutup Pusat Perbelanjaan
 
Agus mengatakan masyarakat tidak perlu panik jika ada pasien masuk dalam kategori ODP. Karena status itu tidak mengartikan orang tersebut terjangkit covid 19.
 
“Jadi ODP itu belum tentu positif korona. Memang virus ini berbahaya, tetapi yang meninggal dari virus ini tidak sebanding dengan berita-berita yang beredar di masyarakat. Mudah-mudahan di Purworejo tidak ada pasien yang terjangkit,” ujarnya.
 
Agus menghimbau kepada masyarakat untuk menghindari kerumunan atau kegiatan yang melibatkan banyak orang untuk sementara waktu. Bahkan pihaknya juga telah menunda 18 kegiatan besar hingga akhir Maret 2020.
 
Sebagai langkah antisipatif Pemkab Purworejo telah menyiagakan 11 Rumah Sakit yang siap menangani pasien korona. Mulai dari RSUD dr Tjitrowardojo sebagai RS rujukan lini 2, 10 RS pendukung, 11 Dokter khusus pandemik dan 35 Perawat khusus pandemik.
 
"Untuk penanganan sendiri kami sudah siapkan anggaran khusus dari APBD sebesar Rp.1,1 miliar," ujarnya.
 

(ALB)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif