Warga Tangsel melaporkan dugaan penipuan tiket penerbangan murah ke Polresta Tangsel, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama.
Warga Tangsel melaporkan dugaan penipuan tiket penerbangan murah ke Polresta Tangsel, Jumat, 7 Februari 2020. Medcom.id/ Farhan Dwitama.

Lima Warga Tangsel Tertipu Tiket Murah ke Eropa

Nasional penipuan
Farhan Dwitama • 07 Februari 2020 16:23
Tangerang: Lima warga Serpong, Tangerang Selatan, diduga menjadi korban penipuan tikut murah yang dijual salah seorang berinisial YHN. AS, salah seorang korban mengaku tergiur dengan iming-iming tiket murah yang ditawarkan pelaku pada September 2019) dengan negara tujuan Eropa.
 
Saat ditawarkan untuk 5 tiket penerbangan pulang pergi ke Eropa, korban hanya membayar harga tiket sekitar Rp8 juta dari yang seharusnya Rp12 juta.
 
"Saya bayar di bulan September untuk penerbangan Desember 2019 kemarin. Untuk 5 orang dengan tujuan Eropa, tapi sampai waktu terbang yang dijanjikan tidak diberangkatkan," kata AS saat membuat laporan polisi di Mapolresta Tangsel, Jumat, 7 Februari 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS mengaku belum lama mengenal YHN dari satu komunitas dan kemudian ditawari dengan iming-iming tiket murah ke Eropa. Zevrijn, korban lainya menerangkan juga mengalami kerugian hingga Rp42 juta. Dia dan sejumlah temannya sebanyak 5 orang mengaku kehilangan uang masing-masing Rp8 juta.
 
"Saya percaya karena sebelumnya ada saudara mau ke NTT itu dikasih tiket murah, dari seharusnya Rp2 juta, dia hanya minta saya Rp1 juta. Lalu dia ada penawaran murah ke New Zealand, akhirnya saya pesan untuk 5 orang dengan pembayaran total Rp42 juta," ungkap Zevrijn.
 
Selang beberapa hari pembayaran, YHN memberikan kode booking penerbangannya ke New Zealand. Namun saat hari H terbang pelaku malah membatalkan tanpa alasan jelas.
 
"Kemudian dia berjanji untuk mengembalikan uang yang telah kami bayarkan, tapi sampai hari ini tidak ada pengembalian," beber Zevrijn.
 
Menurut Zevrijn total di kelompoknya ada lima orang korban, dengan akumulasi kerugian mencapai Rp138 juta. "Dugaan kami lebih dari jumlah ini," ungkap Zevrijn.
 
Atas kejadian itu, lima korban penipuan tiket murah tersebut melaporkan kejadian yang dialami ke Mapolresta Tangsel. "Hari ini kita laporkan, agar menjadi pelajaran dan tidak ada lagi korban yang tertipu," pungkas Zevrijn.
 

(DEN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif