Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno. Foto: Tangkapan layar dari Zoom
Gubernur Sumatra Barat, Irwan Prayitno. Foto: Tangkapan layar dari Zoom

Gubernur Sebut Pemudik dari Jakarta Berpeluang Bekerja di Sumbar

Nasional lapangan pekerjaan
Nur Azizah • 26 Mei 2020 14:52
Jakarta: Gubernur Sumatra Barat (Sumbar) Irwan Prayitno meminta warganya yang terlanjur mudik tak kembali ke Jakarta. Mereka diminta memanfaatkan peluang yang ada di Sumbar.
 
"Sebetulnya banyak peluang di kampung halaman, ya bertani, berkebun, beternak," kata Irwan dalam konferensi pers di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Selasa, 26 Mei 2020.
 
Ia menyebut Sumbar sebagai daerah agraris dengan luas lahan sekitar 23,8 persen dari total keseluruhan. Sebesar 50 persen produk domestik regional bruto (PDRB) Provinsi Sumbar berasal dari sektor pertanian.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jadi, kegiatan fisik yang banyak itu di pertanian, peternakan. Kalau industri enggak ada, beda dengan di Jawa, Sumatra Utara. Kita enggak di industri padat karya," tutur dia.
 
Irwan menyebut sektor pertanian, peternakan, perkebunan, dan perikanan sangat menjanjikan. Masyarakat akan mengonsumsi produk tersebut setiap hari.
 
"Karena kita masih butuh makan minum tiap hari, untuk itu dia langsung pulang kampung, dia ada pekarangan, ladang, kebun, dan sebagainya," ujarnya.
 
Baca: Gubernur Sumbar Minta Larangan Mudik Diperpanjang
 
Irwan tak menampik masih ada warga yang mudik meski sudah dilarang pemerintah. Mereka kembali ke Sumbar setelah kucing-kucing dengan petugas posko.
 

(AZF)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif