Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Cuaca Buruk, 2 Pasien Covid-19 di Simeuleu Aceh Telat Dirujuk ke RS

Nasional Virus Korona
Fajri Fatmawati • 13 Mei 2020 18:33
Banda Aceh: Sebanyak dua pasien positif covid-19 (korona) asal Simeulue, Aceh, akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah Zainal Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. Perjalanan kedua pasien sempat tertunda selama lima hari karena cuaca buruk di laut.
 
“Pasien sempat tertunda perjalanan menuju ke RSUDZA Banda Aceh, Karena tidak bisa berlayarnya kapal, faktor cuaca,” kata Juru bicara gugus tigas covid-19 Simeulue, Ali Muhayatsyah, Rabu, 13 Mei 2020.
 
Ali mengungkapkan, pasien berinisial AS, 20, dan SB, 42, dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh lantaran fasilitas alat medis di RSUD Simeulue terbatas. Khususnya untuk penanganan pasien covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kedua pasien itu sebelumnya sempat dirawat di rumah sakit Simeulue sejak dinyatakan positif korona pada 6 April, karena RS kita masih banyak kekurangan fasilitas alat medis makanya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh ” ujarnya.
 
Kemudian, Tim gugus tugas langsung memberangkatkan pasien menggunakan kapal dari Pelabuhan Simeulue, saat cuaca kembali normal. Kapal sudah sesuai untuk penanganan pasien covid-19 sesuai SOP dan protokol kesehatan.
 
“Pasien dibawa dengan menggunakan dua ambulans dan satu mobil pengaman,” ucap Ali.
 
Kedua mobil tersebut diberangkatkan menggunakan kapal KMP Teluk Sinabang menuju Kuala Bubon Meulaboh. Waktu tempuh kapal dari Simeulue ke Kuala Bubon Meulaboh sekitar 12 jam perjalanan laut.
 
“Kemudian, Perjalanan jalur darat dari Meulaboh, Kuala Bubon, ke Banda Aceh memakan waktu selama empat jam,” jelasnya.
 
Sebelumnya, AS merupakan santri Ponpes Al-Fatah, Temboro, Magetan, Jawa Timur, yang pulang ke Aceh Tamiang pada 25 April. "Sedangkan SB seorang anggota Polri yang mengikuti sekolah perwira di Sukabumi, Jawa Barat, pada 17 April," jelasnya.
 

(WHS)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif