Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)
Ilustrasi. (Foto: Medcom.id)

ASN Positif Covid-19 Tanpa Gejala di Purworejo Sembuh

Nasional Virus Korona
Bagus Aryo Wicaksono • 20 Mei 2020 18:46
Purworejo: Seorang aparatur sipil negara (ASN) di kantor Sekretariat Daerah Purworejo, Jawa Tengah, sembuh usai dinyatakan positof terjangkit virus korona tanpa gejala. ASN bernama Faturrahman itu bebas covid-19 dari hasil pemeriksaan swab kedua.
 
Juru bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Purworejo, Darus, mengungkapkan, warga Pagen Jurutengah itu semula menjalani isolasi mandiri di rumah.
 
"Begitu dinyatakan positif, dia mengajukan izin untuk isolasi mandiri di rumah karena tidak mengeluhkan sakit. Oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah desa dan tokoh masyarakat tempat tinggalnya disetujui," kata Darus, Rabu, 20 Mei 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Darus mengatakan isolasi mandiri memang diperbolehkan selama pasien benar-benar disiplin. Syarat mutlak pasien menjalani isolasi mandiri adalah tidak diizinkan keluar rumah sama sekali.
 
"Yang paling penting isolasi mandiri dilakukan dengan catatan pasien benar-benar sehat, tidak mengalami keluhan sakit apa pun," imbuh Darus.
 
Baca juga:Protokol Kesehatan Salat Id di Bekasi Harus Ketat
 
Faturrahman sempat mengungkapkan bahwa dia dan keluarga memilih isolasi mandiri karena memang tidak merasakan gejala terjangkit covid-19. Di lingkungan tempat tinggalnya pun mendukung.
 
"Alhamdulillah waktu dinyatakan positif covid-19, tidak ada keluhan sakit apa pun. Saya langsung berkonsultasi dengan Dinas Kesehatan, maupun kecamatan dan desa untuk mengajukan isolasi mandiri. Mereka memberikan dukungan," kata Faturrohman.
 
Selama isolasi mandiri, ia mengaku dibantu tetangga untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dirinya dan keluarga.
 
"Orang yang terpapar covid-19 bukanlah aib, jadi memang harus didukung agar segera pulih," ungkapnya.
 
Kasus positif covid-19 di Purworejo saat ini sebanyak 74 kasus, dengn rincian 15 sembuh dan 59 masih dirawat. Sementara orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 2.148 orang, sebanyak 1.401 orang diantaranya telah selesai dipantau.
 
Kemudian jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) berjumlah 44 orang. Perinciannya, 32 orang sembuh, dua orang dirawat, 10 orang meninggal.
 

(MEL)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif