Ilustrasi - Medcom.id.
Ilustrasi - Medcom.id.

Bogor Waspada Hujan Deras dan Angin Kencang

Nasional musim hujan
Rizky Dewantara • 11 Desember 2019 19:38
Bogor: Hujan lebat dan angin kencang mengancam wilayah Jawa Barat, khususnya Bogor. Tingginya intensitas hujan dan angin merupakan dampak dari angin monsun Asia dan Australia.
 
"Akibat dari pertemuan masa udara ini, berpotensi terbentuknya awan-awan konvektif seperti comulunimbus (Cb). Wilayah Bogor Selatan memiliki bentuk atau kontur orografis yang berpotensi terbentuknya awan Cb tersebut," jelas Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Citeko, Bogor, Jawa Barat, Asep Firman Ilahi saat dihubungi Medcom.id, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Asep mengatakan orografis adalah hujan yang terjadi di daerah pegunungan. Dia menejaskan saat itu udara yang mengandung uap air bergerak naik ke atas pegunungan, sehingga terjadi penurunan suhu dan terkondensasi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kemudian terjadinya turun hujan di lereng gunung yang berhadapan dengan datangnya angin. Kami mengimbau masyarakat waspada hujan deras dan angin kencang," tandasnya.
 
Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Dede Armansyah, mengatakan pihaknya tengah bersiaga datangya bencana memasuki musim hujan. Khususnya di wilayah Kabupaten Bogor bagian timur, selatan, dan barat.
 
"Khususnya di 21 kecamatan yang dinilai berpotensi banjir bandang dan longsor," ungkap Dede kepada Medcom.id, Bogor, Jawa Barat, Rabu, 11 Desember 2019.
 
Pihaknya mengimbau warga dan aparat di tingkat desa siap siaga bencana. Warga diminta waspada ancaman banjir dan tanah longsor.
 
"Mengingat kawasan Bogor berdasarkan topografi merupakan pegunungan dan lereng. Ini harus diantisipasi oleh masyarakat," tutupnya.
 

(LDS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif